Pemekaran Simalungun Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

Jakarta (LIN), Bertempat di Kantor PAN Sumut Medan, Minggu (8/2). Praktisi ekonomi yang juga Wakil Ketua Partai Amanat Nasional Sumatera Utara, Nasril Bahar SE, menyambut baik rencana pemekaran Kabupaten Simalungun. Menurutnya, secara ekonomis, pemekaran itu akan memberi manfaat yang lebih baik dan memberi peluang pengembangan ekonomi bagi masyarakat di kedua daerah tersebut.

Dari pengamatan terhadap beberapa kabupaten dan kota hasil pemekaran, seperti Mandailing Natal, Kota Padang Sidempuan maupun Toba Samosir, perkembangannya menunjuk ke arah yang lebih baik. Terutama dikarenakan wilayah yang harus diawasi struktur pemerintahan, semakin kecil dibanding sebelum hasil pemekaran. Karena itu perbaikan maupun pembangunan infrastruktur lebih mendapat perhatian.

simalungun.jpgJika memberikan perhatian pada areal yang lebih kecil, tentu akan lebih baik hasilnya dibanding areal yang lebih luas. Dengan adanya pemekaran ini, maka daerah-daerah yang sedikit terisolir, otomatis akan bergerak maju seiring dengan ditetapkannya daerah baru sebagai ibukota kabupaten.

Daerah-daerah kecil di sekitar ibukota kabupaten baru akan bergerak menjadi daerah-daerah satelit untuk memenuhi kebutuhan daerah ibukota. Kondisi ini akan memacu pertumbuhan peluang usaha dan iklim investasi.

Dalam rapat paripurna DPRD Simalungun yang diselenggarakan 6 Februari lalu, menyetujui pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua daerah. Kabupaten induk yang memiliki 21 kecamatan akan beribukota Pematang Raya, sedangkan kabupaten hasil pemekaran Simalungun Hataran akan beribukota Perdagangan dengan 9 kecamatan.

Kabupaten Simalungun sendiri yang saat ini dipimpin Bupati Jhon Hugo Silalahi, luasnya 4.369 kilometer persegi, yang terdiri dari 30 kecamatan, 237 desa dan 14 kelurahan. Menurut data Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut tahun 2003, penduduk Simalungun berjumlah 808.288 jiwa dalam 185.908 keluarga. Sedangkan pemilih potensial dalam Pemilu 2004 nanti berjumlah 516.159 orang, yang terdiri dari 255.133 pemilih pria, dan 261.026 wanita. (Wil.I/SR).

Sumut Pos
Senin, 9 Februari 2004




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: