Hari Ini Hasil Pilkada Simalungun Diumumkan: Zumpa Tak Tergoyahkan

Hari ini, Senin (19/9) KPUD Simalungun akan mengumumkan hasil Pilkada daerah itu. Sementara pasangan Zulkarnain Damanik-Pardamean Siregar (Zumpa) tidak tergoyahkan dalam perolehan suara. Sementara anggota FPAN DPR-RI H Nasril Bahar meminta Komisi Pemilihan Umum Daerah Simalungun untuk bersikap transparan dalam melaksanakan tahap-tahap Pilkada.

Salah satu tahapan itu adalah mengenai perhitungan dan pengumuman pemenang Pilkada. Demikian disampaikan anggota DPRRI asal Daerah Pemilihan Sumatera Utara III yang salah satu daerah konsituennya adalah Kabupaten Simalungun.

Berbicara kepada Waspada di Medan, Minggu (18/9), Nasril menyatakan, sikap transparan diperlukan agar masyarakat Simalungun tidak terombang-ambing dengan sikap yang dibuat segelintir oknum yang meminta Pilkada diulang.

“Apa yang harus diulang, sementara tingkat partisipasi masyarakat Simalungun sudah lebih dari 70 persen. Harusnya pihak yang meminta Pilkada diulang itu sadar, Simalungun sudah menjadi contoh betapa tingginya partisipasi masyarakat daerah itu terhadap pelaksanaan Pilkada. Jadi aneh kalau kemudian harus diulang hanya karena tidak puas dengan hasil,’’ tegas Nasril.

Dia mengingatkan, demokrasi yang sedang dibangun jangan dikotori oleh ulah segelintir oknum. KPUD Simalungun harus dapat menjadi contoh betapa, mereka sudah melaksanakan Pilkada dengan jujur dan transparan. Ke depan sikap ini, harus dipertahankan apalagi Simalungun merupakan daerah pertama sebagai kawasan pelaksanaan otonomi daerah. Jadi, tegas Nasril, sikap transparan dan jujur KPUD Simalungun merupakan bagian dari keberhasilan pembangunan Simalungun ke depan.

Hari ini

Senin (19/9), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Simalungun dipimpin ketuanya Riduan Manik, SH, MH beserta anggota Albert Pane, SH, Syahrial AMS, SH, Mhum, Robert Ambarita dan Drs Jon Alden Sumbayak di gedung Serbaguna Pemkab Simalungun akan menggelar pleno terbuka. Agenda utama adalah rapat perhitungan dan pengumuman hasil perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak pada 12 September 2005 lalu.

“Sesuai jadwal, KPU baru akan melakukan pleno penghitungan suara dan penetapan pasangan calon yang berhasil, pada senin 19 September, “ kata Riduan Manik di kantor KPUD Simalungun, Jalan Sangnawaluh, Sabtu (17/9).

Dikatakan Riduan, selain ketua dan anggota KPU, acara pleno penghitungan perolehan suara itu akan dihadiri seluruh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), Panwaslih Simalungun, unsur Muspida, para calon bupati-wakil bupati, saksi, partai politik pendukung dan masyarakat. Kegiatan diawali dengan penghitungan perolehan suara, dan setelah itu baru dilakukan penetapan dan pengumuman pasangan calon bupati-wakil bupati yang berhak menjadi bupati – wakil bupati Simalungun periode 2005 – 2010. Setelah menetepkan pasangan calon itu, maka KPU selanjutnya menyampaikan hasilnya kepada DPRD Simalungun dan Gubernur Sumatera Utara untuk kelanjutannya.

Tak tergoyahkan

Hingga sepekan pasca Pilkada, perolehan suara terbesar tetap dipegang pasangan Zulkarnain – Pardamean. Pasangan bermotto “ amanah dan pembaruan “ ini tak terbendung lagi untuk memimpin Simalungun lima tahun ke depan. Sesuai data terakhir di kantor Panwaslih Simalungun, pasangan Zulkarnain – Pardamean memperoleh 157.144 suara atau 39 persen, pasangan John Hugo – Iskandar memperoleh 106. 537 suara atau 28 persen, Rajisten Sitorus – Ponidi memperoleh 84.971 suara atau 22 persen dan pasangan Yan Santoso – Fatimah mendapat 40.512 suara atau 11 persen.

Perhatikan rakyat

Sementara mantan Bupati Simalungun Djabanten Damanik mengatakan, dengan munculnya pasangan Zumpa sebagai pemenang, merupakan anugerah masyarakat di sana. ‘’Menurut saya, hanya pasangan ini yang mau dan bisa memperhatikan kepentingan masyarakat. Sedangkan pemerintahan sebelum ini cenderung mengabaikannya,’’ katanya. Satu hal yang membuat dia yakin adalah perpaduan sosok pasangan ini sangat ideal. Ditanya soal pelaksanaan Pilkada, Djabanten menilainya bagus. Kalaupun ada yang keberatan itu hanya dari pihak yang kalah. (c19) (sn)

Waspada
UGM
Senin, 19 September 2005




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: