Rugikan Negara Rp 122 M, Dirut PLN Resmi Ditahan

Jakarta, WASPADA Online – Direktur Utama PT PLN Eddie Widiono akhirnya ditahan penyidik Direktorat Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri, Rabu (3/5) sekira pukul 19:30 sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di PLTG Borang, Palembang yang merugikan negara Rp122 miliar.

“Penyidik menahan karena telah memiliki alat bukti yang cukup termasuk keterangan para saksi yang telah diperiksa penyidik sebelumnya,” kata Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Pol Anton Bachrul Alam. Ia mengatakan, Eddie Widiono ditahan untuk memudahkan penyidikan.“Pak Eddie menerima dengan lapang dada atas penahanan ini. Sebagai warga negara yang taat hukum, ia menerima penahanan ini,” katanya.

Dikatakan, Eddie yang diperiksa penyidik sejak pukul 11:00 bersedia menandatangani surat perintah penahanan (SPP) yang disodorkan ke penyidik. Sebelum ditahan, Eddie sudah diperiksa sebagai tersangka dua kali dan enam kali sebagai saksi.

Eddie selama ini bersikap kooperatif dan tidak mangkir untuk memenuhi panggilan penyidik. Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan tiga orang tersangka yang semua telah ditahan di rutan Mabes Polri yaitu Ali Herman Ibrahim (Direktur Pembangkit dan Energi Primer), Agus Darnadi (Deputi Direktur Pembangkit dan Energi Primer), dan Johanes Kennedy Aritonang (rekanan PLN).

Sudah tepat

Anggota Komisi 6 DPR-RI H Nasril Bahar, SE yang dimintai tanggapannya malam tadi mengatakan penahan itu sudah tepat karena sudah terindikasi tersangka untuk memudahkan penyelidikan. Dan juga menegakkan wibawa sebagai publik figur.

Menurut anggota FPAN DPR-RI asal Daerah Pemilihan Sumatera Utara III, hal itu mencerminkan Polri sebagai institusi penegak hukum tidak tebang pilih dalam menangani kasus korupsi.Nasril juga meminta Menneg BUMN sesegera mungkin menonaktifkan Eddie Widiono sampai selesai masalah hukumnya, sehingga yang namanya good governance tercermin di BUMN. (m10/ant)

Waspada

Kamis, 4 Mei 2006




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: