Sumut Akan Diperjuangkan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

JAKARTA (Berita): Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditargetkan untuk delapan kawasan di Indonesia sampai tahun 2007 diharapkan satu di antaranya adalah Sumut.

“Kita akan memperjuangkan Sumut agar menjadi salah satu wilayah pembentukan KEK sehingga memaju masuknya investor,” kata anggota Komisi VI DPR-RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) Nasril Bahar kepada Berita, Rabu (28/6) di gedung DPR.

Menurut Nasril, KEK merupakan salah satu terobosan untuk memacu kemajuan yang pesat sebab dengan pembentukan KEK merupakan pintu gerbang pertumbuhan ekonomi yang akan menarik investor. Dengan masuknya investor melalui KEK ini maka tiga faktor penting akan teratasi yakni menanggulangi kemiskinan, mengatasi pengangguran dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Jadi kita berharap pembentukan KEK ini tidak hanya meliputi Batam, Bintan dan Kepulauan Karimun di provinsi Kepulauan Riau, serta Indonesia bagian Timur seperti Bali dan Makassar, tetapi kita akan memperjuangkan pembentukan KEK ini di Sumut,” tandas wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapem) Sumut III ini.

Nasril mengakui bahwa sesuai data yang diperolehnya, selama ini Sumut sangat minim dimasuki para investor dan beberapa investor sebenarnya sudah mengincer Sumut.

“Jadi dengan pembetukan KEK di Sumut diharapkan mendongkrak jumlah investor masuk,” ujarnya.

Ketika ditanya di daerah mana yang cocok sebagai KEK, Nasril mengelak menyebutkan nama, yang jelas kita akan berusaha dulu agar Sumut menjadi salah satu daerah pembentukan KEK,” tandas Nasril Bahar dengan penuh keyakinan.

Sebagaimana diketahui Menko Perekonomian Boediono dan Menperindag Singapura Lim Hng Kiang di Batam telah menandatangani persetujuan membentuk kawasan ekonomi khusus meliputi segitiga Batam, Bintan dan Karimun yang disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong serta Menteri Senior Singapura Goh Chok Tong. (aya)

Berita Sore
Kamis, 29 Juni 2006




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: