Reposisi Anggota Panggar

JAKARTA – Seiring dengan kocok ulang pimpinan komisi-komisi di DPR, FPAN juga mereposisi sejumlah pos penting. Zulkifli Hasan, misalnya, melepas pos panitia anggaran (panggar) karena terpilih jadi ketua fraksi menggantikan Abdillah Toha.

”Supaya saya fokus, posisi di panggar saya lepas,” ucap Zulkifli yang juga Sekjen DPP PAN itu. Pengganti Zulkifli di panggar adalah Nasril Bahar, anggota komisi VI dari dapil Sumut III. Totok Daryanto yang dua tahun bercokol di panggar juga digeser. Politikus asal Jogja itu pindah komisi dari X (pendidikan) ke XI (keuangan-perbankan). Dia tukar tempat dengan Yasin Kara.

Reposisi anggota komisi itu membawa berkah tambahan bagi Yasin. Sebab, selain terpilih jadi sekretaris fraksi menggantikan Muhammad Najib, Yasin juga masuk ke panggar menggantikan Totok Daryanto. Politikus dari dapil Kaltim tersebut praktis pegang dua posisi strategis, yaitu sekretaris fraksi dan panggar.

Sebagai alat kelengkapan paling strategis, status anggota panggar kerap diperebutkan anggota dewan. Dengan 53 kursi DPR, FPAN mendapat jatah delapan anggota panggar. Saat ini komposisinya adalah Djoko Susilo (komisi I), Patrialis Akbar (komisi III), Nurhadi M. Musyawir (komisi IV), A. Hadi Djamal (komisi V), Nasril Bahar (komisi VI), Tjatur Sapto Edy (komisi VII), Yasin Kara (komisi X), dan Asman Abnur (komisi XI). ‘

‘Dimungkinkan ada reposisi lagi di panggar karena ada aspirasi supaya wakil Jawa Barat masuk,” jelas Zulkifli.

Soal siapa yang digeser, sepenuhnya diserahkan ke DPP PAN. ”Fraksi kan alat kepanjangan tangan partai,” tambahnya. (jpnn)

Radar Sulteng
Sumatera Ekspres
Kamis, 14 September 2006




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: