Pemda Diimbau tidak Simpan Lagi Anggaran 2007 di SBI

detikcom – Medan, Dana sebesar Rp 258,7 triliun yang diterima pemerintah provinsi, serta kabupaten dan kota melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), hendaknya segera digunakan untuk melaksanakan program yang telah direncanakan. Jangan sampai dana tersebut malah disimpan di bank untuk mendapat keuntungan dari suku bunga bank.

“Penggunaan anggaran itu untuk pelaksanaan proyek, jelas akan memberi manfaat ganda. Pertama roda pembangunan bergerak untuk memajukan rakyat, dan juga mendukung putaran roda perekonomian. Dana Rp 258,7 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara itu akan memberi manfaat yang jauh lebih besar bagi rakyat dari pada dibenamkan di bank,” ujar anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar kepada wartawan di Medan, Rabu (3/1/2007).

Dikatakan Nasril, yang juga anggota Panitia Anggaran DPR RI, di masa sebelumnya, ada kecenderungan aparat pemerintahan untuk menyimpan anggaran pelaksanaan proyek di bank dengan alasan pelaksanaan proyek tidak bisa dilakukan karena berbagai persoalan. Padahal tujuan utamanya hanya sekedar berharap mendapat keuntungan dari suku bunga Bank Indonesia.

Pola seperti ini, kata dia, jangan lagi sampai terjadi. Karena hal itu tidak selaras dengan upaya memajukan bangsa. Rakyat yang seharusnya mendapat manfaat pembangunan pada tahun ini, justru tertunda karena pemerintah daerah membungakan uang tersebut di bank.

“Kondisi seperti ini jelas sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Nasril bersama sejumlah anggota DPR lainnya menyaksikan penyerahan DIPA sebesar Rp 18.451.763.790.000 bagi Sumut untuk anggaran tahun 2007 dari pemerintah pusat yang diwakili Menteri Perumahan Rakyat M. Yusuf Asy’ari kepada Gubernur Rudolf Pardede di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (2/1/2007).

Dalam kaitan ini, Nasril menyatakan, DPR akan terus memantau ke lapangan untuk memastikan proyek-proyek yang anggarannya telah disediakan melalui DIPA tersebut benar-benar dilaksanakan sebagaimana mestinya.

detikcom
Bapekki Depkeu
Kamis, 4 Januari 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: