Belum Tahu Temuan Deposito Anggaran

KANTOR GUBSU – Sinyalemen anggaran pembangunan yang disimpan dalam bentuk deposito untuk mendapatkan bunga belum ditemukan di Sumatera Utara. Begitupun Pempropsu melalui jajaran terkait tetap mewaspadai praktik semacam ini.

Hal ini dikatakan Kabid Humas Pimpinan Pempropsu Drs ML Tobing menjawab wartawan di Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (10/1) menanggapi pernyataan anggota DPR RI Nasril Bahar yang mengatakan sedikitnya Rp 100 Triliun anggaran pembangunan di Indonesia dijadikan deposito.

Ia mengatakan menyimpan uang pembangunan di bank dengan alasan belum dipergunakan dan untuk safety belum merupakan tindak kejahatan asalkan bunga bank dari hasil penitipan uang tersebut juga disetorkan ke kas negara.

Tobing tak menampik karena karena belum semua daerah mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menyebabkan penyerapan anggaran terutama yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi lamban. Sebelumnya Kepala Kanwil II Direktorat Jendeal Perbendaharaan Negara (DJPBN) Medan A Rahman Ritonga menyebutkan penggunaan anggaran pusat yang dikucurkan melalui Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) baru bisa dipergunakan ketika APBD sudah disahkan.

Sebab penggunaan peruntukkan DIPA dijabarkan dalam APBD masing-masing daerah penerima DIPA tersebut. ”Untuk menyimpan anggaran tersebut dilakukan di Bank Sumut yang juga merupakan bank yang dikelola Pempropsu,” tambahnya. Kata Ritonga, DIPA 2007 Rp 18,4 Triliun untuk Sumut diserahkan presiden melalui menteri Perumahan Rakyat kepada Gubsu Drs Rudolf M Pardede Selasa (2/1) terdiri 246 DIPA sektoral Rp6,1 T, 67 DIPA dekonsentrasi Rp1,3 T, 139 DIPA tugas perbantuan Rp 480 Juta dan DIPA dana perimbangan Dana Alokasi Umum dan SRAA Dana Alokasi Khusus Rp 10,5 T (dmp)

Sumut Pos
Kamis, 11 Januari 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: