Bos IMF Keliling Cari Debitur Baru

Jakarta, Rakyat Merdeka – Di tempat terpisah, anggota Panitia Anggaran DPR dari FPAN Nasril Bahar mendesak agar Indonesia benarbenar melepaskan diri dari intervensi IMF. Dia mengungkapkan bahwa kondisi IMF yang bermasalah saat ini, membuat lembaga itu berupaya mencari debitur baru.

“IMF bersaing dengan sejumlah lembaga donor lain yang menawarkan bunga lebih konpetitif. Misalnya, Bank Dunia atau lembaga donor dari Jepang dan Timur Tengah,” kata Nasril kepada Rakyat Merdeka.

Menurutnya, adalah suatu hal yang wajar jika kedatangan Direktur Pelaksana IMF Rodrigo de Rato ke Indonesia untuk menawarkan pinjaman baru setelah Indonesia melunasi utangutangnya pada 2006 lalu.

“Semua kemungkinan ada. Sebagai direktur pelaksana, maka sudah menjadi tugasnya (Rodrigo Ratored) harus berkeliling ke sejumlah negara mencari debitur baru. Wajar dia cari peluang memasarkan produk IMF,” katanya.

Kedatangan Rato, tegas menjadi momentum bagi SBY untuk menentukan langkah, apakah akan menempuh kebijakan pro rakyat atau justru pro pada kebijakan IMF.

Dihubungi terpisah, Presiden Direktur Institute for Development Economic Finance (Indef) M Fadhil Hasan menilai, kedatangan Rato akan memberikan pujipujian pada keberhasilan pemerintah dalam bidang ekonomi makro. ”Pasti dia akan datang kemari dengan tujuan memberikan pujipujian terhadap ekonomi Indonesia yang dari sisi makro stabil, nilai tukar terjaga, inflasi rendah,” cetus Fadhil.

Meski demikian, Fadhil mengingatkan bahwa bos IMF itu tidak peduli dengan persoalanpersoalan kemiskinan dan pengangguran di Indonesian yang begitu parah. ”Pasti dia juga akan bilang supaya orangorang dia atau kronikroni dia yang di sini tidak digusur,” tandas Fadhil.

Sebuah pesan singkat yang diterima Rakyat Merdeka Selasa malam (23/1) menyebutkan adanya pertemuan menterimenteri ekonomi pemerintahan SBYJK dengan IMF. “Saya dapat informasi sekarang Mafia Berkeley dan IMF sedang mengadakan pertemuan di Bimasena. Beberapa menteri ekonomi hadir,” begitu isi pesan singkat itu. (RM)

Rakyat Merdeka

Kamis, 25 Januari 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: