DPR Desak Percepatan Restrukturisasi TPT

JAKARTA: Komisi VI DPR mendesak pemerintah untuk segera melaksanakan program restrukturisasi di industri tekstil dan produk tekstil (TPT) sebagai upaya untuk merevitalisasi mesin-mesin tekstil yang sudah di atas 20 tahun. Komisi VI juga mendesak agar kasus PT Texmaco diselesaikan secara sinergis dengan BUMN lain.

Azam Azman, Anggota Komisi VI DPR, menilai positif usaha Departemen Perindustrian melaksanakan restrukturisasi melalui skema subsidi bunga. “Program ini sangat masuk akal, sebab suku bunga kredit masih sangat tinggi,” kata Azam saat dihubungi Bisnis seusai Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR pekan lalu.

Akhir Februari atau awal Maret, kata dia, DPR akan memanggil Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, dan berbagai departemen terkait, untuk mencari jalan keluar atas ketersendatan program yang telah dirancang Depperin pada tahun lalu. “Depkeu harus segera mengeluarkan payung hukum agar program ini dapat dilaksanakan pada tahun ini,” katanya.

Depperin telah mengalokasikan dana Rp255 miliar untuk program restrukturisasi permesinan industri TPT nasional. Program ini akan memberikan subsidi bunga dan diskon pembelian mesin baru sekitar 12,5% dari tingkat bunga yang berlaku saat ini bagi sedikitnya 100 perusahaan.

Program ini, sambung Azam, mesti diikuti dengan upaya serius pemerintah memberantas impor ilegal yang menggerus pasar domestik. Menteri Perindustrian Fahmi Idris pada raker tersebut secara resmi meminta dukungan politik DPR agar mempercepat realisasi program ini.

Selain restrukturisasi permesinan, anggota Komisi VI dari F-PAN Nasril Bahar menilai pemerintah harus berupaya memberantas dan membendung impor ilegal yang dijual murah.

“Pemerintah harus memikirkan pasar domestik, jangan hanya pasar ekspor. Jangan sampai produktivitas industri tekstil meningkat dengan program ini, tapi pasar domestik justru dibanjiri produk impor.”

textile.web.id
Senin, 12 Februari 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: