Database Beras Lemah

Kalangan DPR juga menyayangkan keputusan pemerintah yang berkali-kali mengimpor beras. Keputusan impor itu dicurigai mengandung unsur bisnis bagi sebagian orang dan hanya akan memperkaya negara lain.

Nasril Bahar, anggota Komisi VI DPR yang juga ketua Panitia Anggaran DPR, menyesalkan terjadinya impor beras berkali-kali tersebut. Pada dasarnya, menurut Nasril, itu terjadi karena adanya perbedaan data perberasan yang dikeluarkan Bulog, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Departemen Pertanian. Ini menunjukkan pemerintah tidak mempunyai political will untuk membuat database beras yang tunggal. Dia khawatir perbedaan data tersebut akan selalu dijadikan peluang untuk alasan impor beras.

“Ini kan sebenarnya masalah klasik, tapi sampai sekarang nggak beres-beres,” tegasnya.Selain perbedaan data, Nasril mencurigai ada beberapa pihak yang sengaja mendorong untuk melakukan impor beras berkali-kali. Sebab, hingga saat ini, DPR belum pernah sekali pun mendapatkan data stok perberasan dari pemerintah. Mungkin ada beberapa pihak yang berpotensi mengambil keuntungan dari impor beras berdasar disparitas harga di negara eksporter.

“Potensi-potensi seperti itu yang harus kita waspadai. Sebab, hal seperti itu mungkin saja bisa terjadi di negara kita,” ujarnya.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada ketegasan politis dari presiden dalam hal perberasan. Padahal, program revitalisasi pertanian seperti yang diamanatkan RPJM sudah berjalan satu tahun. Seharusnya, presiden sebagai pihak yang memiliki wewenang tinggi bisa memberikan arahan yang tegas untuk mengatasi masalah-masalah perberasan itu.

“Seharusnya kan sudah ada solusi-solusi konkret masalah ini. Sebagai DPR, kami tidak ikhlas anggaran yang seharusnya dinikmati petani kita dinikmati negara lain,” paparnya. (agus wirawan)

Jawa Pos
Kamis, 15 Februari 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: