Komisi VI DPR Bentuk Panja BUMN

Komisi VI DPR memutuskan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengevaluasi kinerja Menteri Negara BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan kementerian BUMN.

Demikian kesimpulan Rapat Kerja Komisi VI DPR dengan Menteri Negara BUMN Sugiharto yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR Lilik Asjudiredja, hari Selasa (26/3).

Hasto Kristiyanto (F-PDIP) mengatakan kinerja menteri negara BUMN masih jauh dari harapan. “Saya kecewa terhadap banyaknya pengangkatan Direksi seperti di PTPN X, Pertamina yang hanya mengangkat orang terdekat Menteri,” katanya.

Selain itu, kata Hasto, Perusahaan Gas Negara memiliki kinerja yang baik namun mengapa jabatan Direksi dirangkap dan hanya menyisahkan 3 Direksi saja. “Hal ini tidak berdasarkan peraturan yang ada,”tegasnya.

Hasto menambahkan, seharusnya kinerja Meneg BUMN ini dapat lebih baik karena memiliki orang-orang yang cukup kredibel seperti Sesmeneg Said Didu. “Karena itu saya melihat ini kurangnya leadership di tubuh Menteri BUMN,” katanya.

Selain itu, tambahnya, Perlu membentuk tim task force yang bertujuan untuk membenahi BUMN yan ada.

Dirinya juga menyoroti penjualan Gedung Danareksa karena diindikasikan Menteri Negara BUMN ikut menikmati penjualan Gedung tersebut. “Ini juga harus dibentuk Audit terhadap penjualan Gedung tersebut,”katanya.

Senada dengan Anggota lainnya, Choirul Saleh (F-KB) mendesak perlu adanya evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan kementerian negara BUMN. “Supaya jelas dan tidak remang-remang lagi programnya,”katanya.

Sementara Nasril Bahar (F-PAN) mengatakan, pembentukan Panja tersebut bertujuan untuk mengkoreksi kembali target master plan 2004 lalu yang tidak tercapai. “Kita juga harus meminta kepada Presiden untuk mengevaluasi kinerja Menteri BUMN,”tegasnya.

Aria Bima (F-PDIP) mengatakan, Komisi VI DPR harus melaporkan kepada Pimpinan DPR mengenai ketidakefektifkan Raker dengan Menteri Negara BUMN. (si)

dpr.go.id
Selasa, 27 Maret 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: