Hubungan Politik Sugiharto dengan DPR Sangat Rendah

detikcom – Medan, Permintaan agar Meneg BUMN Sugiharto diganti, datang dari DPR. Keinginan tersebut dicetuskan salah seorang anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar. Penggantian didasarkan pada kinerja Sugiharto yang dinilai lemah dan minus dukungan politik.

Anggota Komisi VI Nasril Bahar menyatakan, lemahnya dukungan politik terhadap Sugiharto tercermin dari rapat-rapat kerja selama ini. Dari lima kali rapat kerja dengan Komisi VI, hanya sepuluh persen kelompok fraksi (poksi) yang mendukung.

“Sebetulnya juga tidak sampai 10 persen dukungan politik dari itu. Rendahnya dukungan itu, karena memang kinerja Menteri Sugiharto rendah. Ada banyak persoalan yang tidak bisa dibenahi,” kata Nasril kepada wartawan di Medan, Kamis (3/5/2007).

Nasril merujuk pada rekomendasi Komisi VI pada Maret lalu yang akhirnya membentuk Panitia Kerja yang khusus mengevaluasi kinerja Meneg BUMN Sugiharto. Rapat pertama panja itu, rencananya pada Senin (11/5/2007) pekan depan. Nantinya hasil rekomendasi panja akan diserahkan kepada kepada pimpinan DPR untuk seterusnya disampaikan kepada presiden.

“Kendati rapat panja belum dimulai, tetapi saya yakin hasilnya nanti akan sepakat agar dilakukan pergantian menteri untuk Kementerian Negara BUMN,” kata Nasril.

Disinggung dengan kemungkinan jika reshuffle ternyata lebih dahulu dilakukan presiden, sebelum munculnya rekomendasi panja, Nasril menyatakan hal itu bergantung kepada komposisi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) pasca reshuffle.

“Jika memang Sugiharto merupakan salah satu menteri yang diganti, tentu otomatis panja tidak perlu menyampaikan rekomendasi lagi. Namun jika memang presiden mempertahankan, tentu panja ini akan tetap bekerja,” kata Nasril.

Ditegaskan Nasril, masalahnya bukan pada pribadi Menteri Sugiharto, tetapi kinerja kementeriannya secara keseluruhan. Ada kecenderungan kebijakan Menneg BUMN dalam menetapkan pergantian manajemen di beberapa BUMN terindikasi di bawah tekanan, dan inkonsisten dengan mekanisme. (rul/ndr)

detikcom
Jumat, 4 Mei 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: