Remunerasi Depkeu Tak Pantas

Persetujuan DPR atas remunerasi alias kenaikan tunjangan bagi pegawai Departemen Keuangan (Depkeu) dalam APBN-P 2007 terus dikritik. Pasalnya, penerimaan pajak Semester 12007 yang belum dicapai dinilai sebagai bentuk kegagalan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah, khususnya Departemen Keuangan.

“Realisasi pajak Semester I tahun 2007, realisasinya hanya Rp 155 triliun dari Rp 411 triliun. Secara proporsional pencapaian sektor pajak tidak mendekati 50 persen,” kata Nasril Bahar di Jakarta, Selasa (28/8) kemarin. Dari data tersebut, kata Nasril, reformasi birokrasi belum sepenuhnya dijalankan untuk mencapai sasaran yang diharapkan.

Kata dia, soal defisit anggaran tahun 2008 yang ditetapkan 1,7 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), dananya bersumber dari pembiayaan utang luar dan dalam negeri serta privatisasi.

“Kalau memang demikian, kelihatan Depkeu tidak komit mengoptimalkan pendapatan pajak, jadi tidak usah melakukan itu,” tandasnya.

Di sisi lain, sebut Nasril, penolakan terhadap kenaikan remunerasi pegawai Depkeu juga untuk menghindari kecemburuan di antara sesama aparat negara.

“Di luar Depkeu kan, ada juga pegawai departemen lain. Mereka juga harus diapresiasi dong. Kasih reward kalau baik, sanksi kalau mereka melanggar,” cetusnya.

Ditegaskan Nasril, FPAN secara umum menyetujui APBN-P tahun 2007, terkecuali remunerasi. Pihaknya keberatan, karena ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan. “Apakah reformasi birokrasi harus didahului remunerasi. Itu tak pantas,” ujar Nasril.

Diketahui, Rapat Paripurna DPR telah menyetujui anggaran remunerasi untuk Departemen Keuangan (Depkeu), Mahkamah Agung (MA), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp 1,464 triliun dalam APBN-P 2007. Dengan rincian Depkeu Rp 997,704 miliar, MA Rp 393,066 miliar dan BPK Rp 74,125 miliar. Remunerasi sebagai bagian dari reformasi birokrasi diperuntukan buat bulan September hingga November 2007.

BPK RI
Kamis, 30 Agustus 2007
Sumber: Rakyat Indonesia




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: