Masyarakat Dairi Doakan Ibrahim Sakty Jadi Wagubsu

Ribuan masyarakat Dairi mendoakan Bakal Calon Wakil Gubernur Sumut (Bacawagubsu) asal Partai Amanat Nasional (PAN) Drs H Ibrahim Sakty Batubara MAP agar tetap eksis dan dapat tercapai apa yang dicita-citakannya dalam membangun daerah ini saat menjadi Wagubsu nantinya.

Hal itu terungkap di acara Tim Safari Ramadhan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumut di Masjid Agung Sidikalang Dairi baru-baru ini.

Acara itu dihadiri rombongan PWPM Sumut yang dipimpin langsung ketuanya, Anang Anas Azhar SAg, unsur Muspida Dairi seperti Dandim 0206 Dairi Letkol Inf Zuchriadi, anggota DPRD Dairi Naek Angkat, Ketua PD Muhammadiyah Dairi Syafron Filiang SH, Ketua PD Aisyiyah Dairi Hj Yusnidar, Ketua PDPM Dairi Naek Alexander Berampu, ketua PDPM Phakpak Bharat Irwan Gajah, pimpinan organisasi kepemudaan Islam (OKI) Dairi seperti GP Anshor, BKPRMI dan PMII serta ribuan masyarakat lainnya. Tampil sebagai penceramah pada acara itu, tokoh masyarakat, Ibrahim Sakty Batubara atau akrab disapa ISB.

Dandim 0206 Dairi, Zuchriadi mengatakan, masyarakat Dairi telah mengenal siapa sosok ISB, baik bibit, bebet dan bobotnya. Untuk itu diharapkan nantinya, terjadi ikatan tali silaturahmi yang berkelanjutan. Dia mengaku heran jika nantinya tidak teringat kepada ISB pada pilkada nanti. Padahal, masyarakat sudah mengetahui akhlak dan komitmennya.

“Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Nah, sekarang karena sudah kenal berarti akan terjadi rasa saling menyayangi di antara kita. Saya mengatakan ini, karena Pak ISB kan belum resmi menjadi calon tetap. Tapi kalau sudah resmi, TNI tidak dibolehkan berkampanye,” gurau pria yang dikenal taat beribadah ini.

Tokoh masyarakat Dairi Syafron Filiang SH menuturkan, dalam Pilkada yang akan digelar tidak berapa lama lagi ini, umat Islam harus menyiapkan diri dan pencalonan ISB harus menjadi titik perhatian bersama yang diharapkan dapat membangun Sumut.

“Tapi meskipun demikian kita menyerahkan sepenuhnya kepada hati nurani masing-masing individu untuk memilih siapa yang layak untuk membangun daerah ini lima tahun ke depan. Yang penting kita jangan golput,” tandas ketua PD Muhammadiyah Dairi ini.

Ibrahim Sakty Batubara (ISB) dalam isi ceramahnya mengajak umat Islam mengkaji perintah Al-Quran untuk amar makruf nahi munkar (perintah berbuat kebaikan dan melarang berbuat keburukan-red).

Dalam pelaksanaan amar makruf nahi munkar ini, menurutnya, diperlukan kekuasaan. Hal ini diperlukan agar tugas itu menjadi efektif. Sebab, jika yang memerintah dan melarang adalah rakyat biasa, maka tidak akan dipatuhi.

Sebaliknya, jika yang memerintah untuk berbuat baik dan melarang berbuat jahat adalah pemerintah (memiliki kekuasaan-red), maka perintah dan larangan itu akan diindahkan.

Oleh karenanya, ujar ISB, segala agenda politik di negeri ini mulai dari Pilkades, Pilkada hingga Pilpres, umat Islam harus mengambil peran di dalamnya. Tapi seperti menurut Al-Quran lagi, sambung dia, pemimpin yang harus dipilih umat Islam haruslah beriman kepada Allah SWT, di samping memiliki konsep yang bagus dalam membangun daerah ini.

“Umat Islam harus dimobilisasi dalam setiap agenda politik dan jangan sampai golput. karena satu suara akan memengaruhi daerah ini dapat maju atau tidak,” imbaunya seraya menambahkan, jabatan politik sangat bermanfaat untuk menjalankan tugas amar makruf nahi munkar.

Di akhir ceramahnya, ia juga menyarankan kepada masyarakat yang hadir untuk mau beriman dan menguasai ilmu pengetahuan teknologi.

Karena dengan dua hal itu, masyarakat Sumut khususnya Dairi akan mengalami kemajuan. Dia mengaku, di Dairi ada kekayaan alam seperti timah hitam, namun karena masyarakat Dairi tidak memiliki SDM yang unggul, terpaksa tidak bisa memanfaatkannya.

Di akhir acara, ISB secara simbolis membagikan sembako lebaran kepada masyarakat kurang mampu dan santunan uang tunai kepada anak yatim.

Ketua PWPM Sumut Anang Anas Azhar menyebutkan, safari Ramadhan kali ini merupakan kali kedua setelah dilaksanakan sebelumnya di kabupaten Tapanuli Tengah. Dia menjelaskan, dipilihnya Dairi sebagai pusat Ghirah Ramadhan PWPM, karena daerah ini termasuk minoritas Muslim dan termasuk daerah yang tinggi angka kemiskinannya.

Makanya, di samping memberikan tausiyah rohani, rombongan tim Ramadhan juga memberikan bingkisan Lebaran berupa sembako kepada 100 masyarakat kurang mampu dan santunan uang tunai kepada 150 anak yatim yang merupakan bantuan alumni seperti Ibrahim Sakty Batubara dan anggota DPR RI FPAN Nasril Bahar.

“Bantuan ini sebagai wujud kepedulian kami selaku elemen umat Islam untuk berbagi kepada sesama yang kurang beruntung,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat Dairi untuk tidak golput dalam pemilihan Gubsu mendatang. Bambang Nazaruddin >> Global | Medan |

Harian Global
Kamis, 11 Oktober 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: