Tuntutan terhadap Adelin Lis Dinilai Sangat Ringan

Detikcom, Medan, Tuntutan 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar untuk terdakwa Adelin Lis dalam kasus perambahan hutan, dinilai sangat ringan. Semestinya jaksa bisa mengajukan tuntutan yang lebih berat, mengingat perambahan itu menimbulkan kerusakan demikian hebat di Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut).

Anggota DPRD Sumut Efendy Naibaho dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan, dengan kondisi kerusakan hutan seperti yang disampaikan sejumlah aparat pemerintahan akibat perambahan tersebut, maka mestinya ancaman hukuman bisa lebih berat lagi.

“Saya tentu tidak dalam porsi yang pas untuk menyebutkan apakah hukuman yang layak 20 tahun atau berapalah, tetapi rasanya tuntutan yang diajukan jaksa itu tidak memenuhi rasa adil. Kerugian yang ditimbulkan akibat penebangan itu, akan sangat dirasakan 10 tahun ke depan,” kata Naibaho kepada wartawan di Medan, Senin (22/10/2007).

Aktivis lingkungan dari Yayasan Leuser Lestari, Zahedi juga menyatakan pendapat yang sama. “Menyedihkan kalau cuma segitu ancaman hukumannya. Ini preseden. Ancaman tuntutan hukuman yang ringan itu, tentu akan mempengaruhi rencana vonis hakim. Belum lagi ada proses banding dan kasasi setelah kasus ini divonis. Jadi terbuka peluang pelaku akan dihukum ringan,” kata Zahedi.

Sementara Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Nasril Bahar menyatakan, kendati merasa kecewa dengan rendahnya tuntutan yang diajukan jaksa, namun Nasril menyatakan tetap berprasangka baik. Jaksa mestinya sudah mempertimbangkan berbagai aspek sebelum mengajukan tuntutan.

“Kita akan lihat seperti apa persidangan ini. Intinya, jika memang bersalah, harap hukum yang setimpal dengan kerusakan yang diakibatkannya. Masyarakat akan menilai kinerja jaksa dan hakim dari kasus ini,” kata Nasril.

Seperti diberitakan, tersangka kasus pembalakan liar Adelin Lis, dituntut hukuman 10 tahun penjara serta denda Rp 1 miliar dalam kasus pembalakan liar di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Tuntutan itu dibacakan jaksa dalam sidang di Pengadilan Negeri Medan, Senin sore. Adelin Lis juga dituntut membayar ganti rugi Rp 119 miliar dan US$ 2,9 juta secara tanggung renteng dengan tersangka lainnya yang terlibat kasus perambahan tersebut.

detikcom
Senin, 22 Oktober 2007

Lain




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: