Diskusi Nasional Membangkitkan UKM akan Digelar di Medan

MedanBisnis – Medan Kebijakan dan praktik dalam menciptakan iklim bisnis yang menguntungkan di sektor perdagangan dan jasa di Indonesia sebagai upaya membangkitkan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), akan dibahas dalam diskusi panel di Hotel Tiara, Medan, 23 November mendatang.

Diskusi yang akan dibuka Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir tersebut digelar dalam rangkaian Silaturrahmi Nasional (Silatnas) VI Forum Bisnis Sejahtera Anggotaku (FBSA), sebuah lembaga bentukan partai berlambang matahari bersinar tersebut.

Menurut Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) FBSA Nasional Nasril Bahar didampingi Ketua Korwil FBSA Sumut Putrama Alkhairi dan Sekretaris Tarmizi Thahir Hutasuhut serta fungsionaris lain Ubay Nasrul, di Medan, Senin (9/10), diskusi tersebut lebih berorientasi sebagai upaya membangkitkan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

Karena itu, diskusi sehari tersebut akan menghadirkan sejumlah pakar ekonomi nasional seperti Prof DR Didik J Rachbini yang saat ini juga menjabat Ketua Komisi VI dPR RI. Selain menampilkan pejabat pengambil kebijakan seperti Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Depda RI Ardiansyah Parman, beberapa praktisi usaha juga direncanakan menjadi nara sumber. Di antaranya Dirut PTPN3 Amri Siregar, Dirut Bank Mandiri Agus DW Martowardojo dan Ketua Kadinda Sumut Irfan Mutiara.

Sementara empat pengusaha sukses di Indonesia akan membuka rahasia kiat sukses mereka dalam membangun “kerajaan” bisnisnya masing-masing. Mereka adalah Ciputra selaku pemilik Ciputra Group, pemilik Medco Group Arifin Panigoro, Mc Donal Indonesia Bambang N Rahmadi dan pemilik RPX Group Harsa Yusuf. Diskusi tersebut, kata Putrama Alkhairi, direncanakan dihadiri sekitar 250 pelaku bisnis di Indonesia, selain kelompok-kelompok masyarakat seperti lembaga-lembaga ekonomi, LSM dan sebagainya.

Jiwa Enterpreneurship

Nasril mengatakan, diskusi ini lebih cenderung sebagai upaya untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, sektor usaha Indonesia bisa berkembang dengan pengelolaan yang profesional. Dengan demikian, setidaknya, langkah ini bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan Indonesia. Sampai pada Maret 2006, pengangguran terbuka Indonesia mencapai 11,9 juta. Sedang angka kemiskinannya hingga Maret 2006 mencapai 39,05 orang atau 17,75%.

“Untuk mewujudkan itulah, diskusi ini menghadirkan para nara sumber yang representatif dengan peserta dari kalangan dunia usaha dan kelompok-kelompok masyarakat,” kata Putrama Alkhairi.

Pameran dan Pelantikan

Putrama Alkhairi mengemukakan, di sela-sela acara diskusi panel, akan digelar pameran produk-produk UKM di Sumut, termasuk diharapkan produk UKM binaan PTPN. Namun, sebelumnya, di awal pembukaan, akan dikukuhkan pengurus Kordinator Daerah (Korda) FBSA kabupaten/kota se Sumut. (abyadi siregar)

Medan Bisnis
Selasa, 30 Oktober 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: