Juknis Pasar Tunggu Perpres

BANDUNG (SINDO) – Pemprov Jabar masih kesulitan mengatur keseimbangan pertumbuhan antara pasar modern dan tradisional. Hal tersebut disebabkan belum adanya peraturan teknis yang tepat untuk digunakan pemerintah kabupaten/kota. Dampaknya pertumbuhan pasar ritel di Jabar meningkat pesat dalam kurun waktu 5–6 tahun terakhir ini.

Pada 2001 tercatat pasar modern, yang sebagian besar minimarket, sebanyak 230 unit.Jumlah tersebut meningkat menjadi 800 unit lebih pada 2006. Sementara fungsi pasar tradisional terus berkurang dan ditinggalkan konsumen karena kumuh, kotor,dan tidak aman. Kasubdin Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jabar Supramono mengatakan, pertumbuhan pasar modern paling besar ada di Kota Bandung dan Bekasi. Sebagian besar berbentuk minimarket.

”Sisanya adalah berupa toserba dan hypermarket. Sementara fungsi pasar tradisional terus berkurang. Sampai kini,Pemprov Jabar masih menunggu keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengaturan Pasar Tradisional dan Modern,”ujar Supramono seusai menghadiri pertemuan kunjungan kerja tim Komisi VI DPR RI dan Pemprov Jabar di Gedung Sate,kemarin.

Pemprov Jabar dan pemda kota/kabupaten, tandas Supramono, hingga kini belum mengetahui batas-batas kewenangan dalam mengatur masalah ini.

”Karena sejak otda, semua diserahkan ke pemda setempat termasuk petunjuk teknis atau aturan main tentang keseimbangan antara pasar tradisional dan modern,”kata dia.

Pada kesempatan sama, anggota tim Komisi VI DPR RI dari Fraksi PAN Nasril Bahar mengatakan, Perpres tentang Pengaturan Pasar Modern dan Tradisional rencananya akan dikeluarkan pemerintah awal November ini. ”Tim Komisi VII DPR RI sudah mengajukan dana alokasi khusus (DAK),untuk sarana dan prasarana pasar tradisional.Namun, ini dianggarkan pada 2009 karena untuk 2008 pengajuannya terlambat,” ujar Nasril. (robby sanjaya)

Seputar Indonesia
Jum’at, 2 November 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: