Adelin Lis Bebas, Kinerja Menhut Harus Dievaluasi

Detikcom, Medan, Bebasnya Adelin Lis dari jeratan hukum di Pengadilan Negeri Medan, menimbulkan banyak tanggapan. Kalangan DPR RI menilai kasus ini merupakan contoh pelaksanaan hukum yang buruk. Selain itu Menteri Kehutanan juga diminta menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional Nasril Bahar mengungkapkan, vonis bebas ini cukup menggelikan. Polisi sudah bekerja keras, kejaksaan juga sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik. Namun sampai pada masalah vonis, malah dibebaskan hakim dari segala dakwaan.

“Kita menghormati proses hukum, walau tentu saja sangat kecewa. Tinggal bagaimana Menteri Kehutanan MS Kaban bisa menunjukkan kinerjanya, dengan memberikan novum atau bukti baru, agar Adelin bisa disidangkan lagi,” kata Nasril Bahar kepada wartawan di Medan, Senin (5/11/2007).

Secara kasat mata, ujar Nasril, kiprah Adelin Lis sudah diketahui. Dia bukan siapa-siapa lagi sebagai pengusaha dalam bidang pengusahaan hutan melalui sejumlah perusahaan. Faktanya, hampir semua perusahaan di bidang kehutanan, punya masalah dengan illegal logging, menebang di luar konsesi maupun tidak melaksanakan berbagai kewajiban.

Hanya saja, kata dia, penerapan hukum terhadap para perusak hutan ini sering tidak mencapai sasaran seperti yang diharapkan. Baik karena perangkat hukum yang tidak bekerja dengan baik, sehingga saluran hukum menjadi macet, maupun aspek-aspek nonhukum yang dapat menghilangkan semua kesalahan para perambah tersebut.

“Apapun itu, ini akan tercatat dalam sejarah. Masyarakat akan menilai para hakim, dan menilai sistem peradilan kita. Selain itu, tinggal menunggu apa yang akan dilakukan Menteri Kehutanan MS Kaban dalam kaitan masalah ini, apa yang bisa diperbuatnya. Akan kita evaluasi,” kata Nasril Bahar yang berasal dari daerah pemilihan Sumatera Utara III.

Dikatakan Nasril lagi, masih banyak kasus-kasus perambahan hutan yang terjadi. Kasus Adelin Lis akan menjadi cerminan di depan, bagaimana sulitnya menyelesaikan masalah-masalah tersebut. (nwk/nvt/)

detikcom
Senin, 5 November 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: