Menhut: Wajar Adelin Bebas; Walhi Minta KY Periksa Hakim

Menhut MS Kaban menilai wajar putusan hakim yang memvonis bebas Adelin Lis, terdakwa kasus pembalakan hutan di Madina. “Wajar saja hakim memutuskan bebas karena dia selama ini punya izin operasi. Nah, kalau saya kasih komentar, saya menghormati sistem saja,” kata Kaban kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/11).

Menurutnya, semua kasus tuduhan pembalakan liar dalam kawasan yang berizin memang rata-rata vonisnya bebas. Oleh karena itu, dalam menegakkan hukum pemberantasan pembalakan liar, seharusnya konsisten terhadap instruksi presiden yakni pada kawasan ilegal.

“Itu kalau kita tidak mau kecewa, karena yang terjadi sejak awal kan saya sudah mengingatkan bahwa Inpres memerintahkan operasi dilakukan dalam kawasan hutan yang tidak punya izin. Itu baru namanya ilegal. Tapi, selama ini yang punya izin pun dioperasi, artinya wajar kalau dia bebas,” jelas Kaban.

Meski demikian, kata Kaban, pihaknya akan melihat putusan hakimuntuk menindaklanjuti kasus ini. Apakah ada kesalahan administrasi atau tidak. “Kalau hakim menyatakan ada kesalahan administrasi, kita akan tindak lanjuti karena misi untuk memberantas pembalakan liar jalan terus dan pemerintah akan memfokuskan kasus pembalakan liar yang tidak memiliki izin,” tukasnya.

Bebasnya Adelin Lis mendapat tanggapan dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumut dan anggota DPR. Walhi menilai vonis bebas Adelin diduga penuh konspirasi. “Putusan majelis hakim ini telah mencoreng citra pengadilan dan kuat dugaan majelis hakim tidak independen menjatuhkan vonis. Kami akan segera mengadukan hakim kasus ini ke KY karena vonis bebas ini sangat luar biasa. Kami harap hakim diperiksa apakah mereka menerima sesuatu yang memengaruhi vonis terhadap Adelin,” sebut Dirut Walhi Sumut, Hardi Munthe.

Hardi mengatakan kasus ini barometer penegakan hukum lingkungan di Indonesia. Menurutnya, vonis ini membuktikan pengadilan tidak peduli terhadap pemberantasan perambahan hutan. “Presiden SBY, beberapa waktu lalu memberikan statemen yang memerintahkan agar aparat hukum menghukum terdakwa perambah hutan Adelin Lis seadil-adilnya. Itu disampaikan Presiden ketika Adelin ditangkap di RRC. Vonis bebas ini merupakan sesuatu yang luar biasa,” kata Hardi.

Menurut Hardi, vonis bebas ini telah menambah deretan vonis bebas terhadap pelaku perambahan hutan. “Kami mencatat di Sumut terdapat 11 vonis bebas terhadap terdakwa pelaku perambahan hutan. Kami meminta MA mengevaluasi hakim-hakim yang memvonis bebas terdakwa pelaku perambahan hutan, sebab putusan ini mencederai publik yang mendambakan keadilan diseretnya pelaku pembalak hutan secara proses hukum,” tutur Hardi.

Sementara, anggota Fraksi PAN DPR Nasril Bahar menilai vonis bebas ini cukup menggelikan. Menurutnya, polisi sudah bekerja keras, kejaksaan juga sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik. Namun sampai pada masalah vonis, malah dibebaskan hakim dari segala dakwaan. “Kita menghormati proses hukum, walau tentu saja sangat kecewa. Tinggal bagaimana Menhut bisa menunjukkan kinerjanya, dengan memberikan novum atau bukti baru, agar Adelin bisa disidangkan lagi,” sebut Nasril Bahar.

Penerapan hukum terhadap para perusak hutan, katanya, sering tidak mencapai sasaran seperti yang diharapkan. Baik karena perangkat hukum yang tidak bekerja dengan baik, sehingga saluran hukum menjadi macet, maupun aspek-aspek nonhukum yang dapat menghilangkan semua kesalahan para perambah tersebut. “Apapun itu, ini akan tercatat dalam sejarah. Masyarakat akan menilai para hakim, dan menilai sistem peradilan kita. Selain itu, tinggal menunggu apa yang akan dilakukan Menteri Kehutanan MS Kaban dalam kaitan masalah ini, apa yang bisa diperbuatnya. Akan kita evaluasi,” kata Nasril Bahar yang berasal dari daerah pemilihan Sumatera Utara III. (Ant-Dc-Budi Alimuddin)

Harian Global
Selasa, 6 November 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: