DPR RI: Industri Diminta Kreatif Atasi Gejolak Harga Minyak

Medan Bisnis – Anggota Komisi VI DPR RI H Nasril Bahar SE meminta kalangan industri nasional, khususnya di Sumatera Utara, agar lebih kreatif dalam mengatasi gejolak harga minyak mentah dunia yang berimbas pada kenaikan harga BBM industri yang naik setiap dua minggu di dalam negeri.

“Mau tak mau, semua pihak harus waspada mengatasi kenaikan harga BBM. Kendati harga BBM naik, kita hanya mengikuti harga dunia. Di Malaysia sendiri, kenaikan harga BBM disesuaikan dengan harga minyak dunia,” kata Nasril Bahar kepada Medan Bisnis, di Medan, Rabu (21/11).

Anggota FPAN DPR RI, yang ditempatkan di Komisi VI bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi/UKM, BUMN dan Investasi ini, meyakini perusahaan yang memang membangun industri di dalam negeri akan cepat tanggap menghadapi gejolak kenaikan harga minyak dunia.

“Mereka sangat cepat tanggap, dan tidak akan mau tergantung dari BBM,” ujarnya.

Melihat kondisi ini, kata dia, industri yang kreatif sudah sejak jauh-jauh hari mengalihkan konsumsi BBM mereka ke energi alternatif baik batubara maupun gas. Diakuinya, sejauh ini pemerintah tidak memberikan insentif secara khusus kepada industri yang melakukan konversi energi dari BBM ke enegi alternatif.

“Dalam kondisi harga BBM naik, kita melihat, pemerintah hanya memberi fasilitasi. Namun, fasilitasi berupa penanganan masalah itu terlihat belum riil,” katanya.

Nasril yang juga berasal dari Daerah Pemilihan (Dapem) Sumut III ini, mengatakan, dampak kenaikan harga minyak dunia bagi industri berorientasi ekspor tidak akan sebesar industri yang berbasis pasar dalam negeri. Ini disebabkan, daya beli pasar luar masih kuat.

“Jika harga minyak terus-terusan naik, bisa jadi akan memberatkan pasar dalam negeri,” ujar Nasril Bahar, yang juga Wasekjen DPP PAN ini.

Nasril mempredikasi, gejolak harga minyak mentah dinia akan mengganggu kinerja industri selama tahun 2007 ini. Kemungkinan ini bisa saja terjadi, jika kalangan industri tidak tanggap mengatasi gejolak harga minyak mentah tersebut. (anang anas azhar)

Medan Bisnis
Kamis, 22 November 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: