Mencegah Kasus PGN Terulang, Komisi VI DPR RI akan Awasi Proses Privatisasi 28 BUMN

MedanBisnis – Medan, Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi industri dan perdagangan, H Nasril Bahar SE, memprediksi pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara (Sumut) tahun 2008 mendatang cenderung lebih baik jika dibanding tahun 2007.

“Sebagai bukti, pada tahun 2007 saja sampai triwulan pertama, pertumbuhan ekonomi Sumut sebesar 8,44%. Ini membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sumut lebih baik bahkan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi secara nasional yakni sebesar 5,9%,” kata Nasril Bahar kepada wartawan di Medan, Rabu (26/12).

Anggota DPR asal Fraksi PAN ini berkeyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumut terus melaju sesuai target Pemprop Sumut. Menurutnya, di tahun 2007 saja sampai akhir Desember ini, jumlah penduduk miskin cenderung menurun.

“Jujur harus kita katakan, bahwa membaiknya ekonomi Sumut ini tidak terlepas dari menurunkan jumlah penduduk miskin. Saya yakin, jumlah penduduk Sumut yang miskin akan menurun,” kata Nasril Bahar yang juga asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 3 ini.

Berdasarkan data statistik di Sumut, kata Nasril, penurunan jumlah penduduk miskin di Sumut sejalan dengan perbaikan indikator makro ekonomi daerah ini. Pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2007 juga masih lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2006 yang tumbuh 2,89%.

Dia mengatakan, memang penduduk miskin di Sumut masih cukup banyak. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada Maret 2007 menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin di daerah ini mencapai 1.746.400 orang atau 13,9% terhadap jumlah penduduk seluruhnya.

Tapi, kondisi ini, jelas Nasril, menurun sekira 211.300 orang, berarti masih lebih baik dibandingkan tahun 2006 sebanyak 1.979.702 orang atau 15,66% dari jumlah penduduk pada saat itu.

Nasril Bahar menguraikan, secara nasional jumlah penduduk miskin tahun 2007 sebanyak 37,17 juta atau 16,58%. Dibanding penduduk miskin pada Maret 3006 berjumlah 39,30 juta (17,75%), berarti jumlah penduduk miskin di Indonesia turun sebanyak 2,13 juta.

Dari sisi tenaga kerja menurutnya, meskipun tingkat pengangguran masih cukup besar, namun menunjukkan tren penurunan dari periode sebelumnya. Tingkat pengangguran terbuka Sumut pada Pebruari 2007 sebesar 10,63%, lebih rendah dibandingkan Agustus 2006 sebesar 11,51 persen.

Nasril menyarankan agar pertumbuhan ekonomi Sumut terus membaik, sebaiknya harus dilakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan ekonomi Sumut.

“Saya kira, setidaknya harus ada program riil, dalam upaya penanggulangan kemiskinan ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, keberadaan penduduk miskin di Sumut tidak berbeda dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Jumlah penduduk miskin yang berada di daerah pedesaan sebanyak 935.400 orang dan di daerah perkotaan sebanyak 833.000 orang. Tetapi jika dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di daerah tersebut maka penduduk miskin di pedesaan hanya 13,63%, sedangkan di perkotaan mencapai 14,21%.

Nasril menjelaskan, jika program-program riil pengentasan kemiskinan dilakukan, maka kecenderungannya jumlah penduduk miskin akan berkurang.

Tapi, kata Nasril , persoalan kemiskinan bukan hanya sekadar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin. Namun, lebih jauh dari itu, dimensi yang perlu diperhatikan adalah tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan.

Selain harus memperkecil jumlah penduduk miskin, kebijakan kemiskinan juga sekaligus harus bisa mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan.

Dari data yang ada, pada Maret 2007, nilai indeks kedalaman kemiskinan untuk pedesaan hanya 2,01, sementara di daerah perkotaan mencapai 2,37. Nilai indeks keparahan kemiskinan untuk pedesaan hanya 0,51 sementara di perkotaan mencapai 0,61. (anang anas azhar)

Medan Bisnis
Jumat, 28 Desember 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: