Dua Kelompok Pendukung Masih Kuasai Kantor PAN

Medan, WASPADA Online, Suasana Kantor DPW PAN Sumut pasca diguncang protes pengurus dan kadernya, Rabu (9/1), masih kondusif hingga kemarin, namun tetap ‘diduduki’ dua kelompok pendukung. Mereka adalah pendukung Kamaluddin Harahap-Subandi (ketua- sekretaris DPW PAN) dan Abdul Hakim Siagian Cs yang juga unsur pengurus.

Pantauan Waspada, Selasa (15/1), kedua kelompok pendukung masing-masing menempati lokasi berbeda. Kelompok Kamaluddin menguasai bagian depan kantor sedangkan kelompok Abdul Hakim Siagian berkonsentrasi ruang Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) “Amanat”.

Mereka duduk dan saling diskusi . Sesekali masuk ke ruang tengah kantor itu. Ketika diajak berbicara memberikan berbagai argumentasi dan penilaian terhadap orang yang mereka dukung.

“Wajar para kader dan pengurus melakukan protes, karena Kamaluddin Harapan tidak mampu lagi memimpin,” kata beberapa pendukung berbaju seragam bertuliskan “Simpatik” dari kelompok pemrotes kepemimpinan Kamaluddin kepada Waspada di lokasi, kemarin.

Kelompok pemuda tanpa atribut partai berlambang matahari terbit, pendukung Kamaluddin juga menyatakan, tidak ada yang salah dalam kepemimpinan Kamaluddin. Keberadaan mereka di kantor itu, katanya, hanya sebagai dukungan moral. Meski demikian, kedua kelompok melakukan aktivitasnya masing-masing sehingga tidak ada kericuhan. Para staf di ruang sekretariat juga dengan aktivitasnya sendiri-sendiri.

Pendukung kelompok pemrotes Kamaluddin mengatakan, rencananya pada 17 Januari besok Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan bersama Ibrahim Sakty Batubara (ketua DPP), Wakil Sekjen Viva Yoga Mauladi yang ditunjuk DPP menormalkan kekisruhan internal DPW PAN turun ke Medan mengadakan pertemuan dengan pengurus DPW untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi. Mengenai tempat pertemuan belum diketahui.

Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Abdul Hakim Siagian di sela-sela menghadiri pelantikan Panwaslih Sumut di gedung DPRDSU, dia mengakui rencana kehadiran DPP itu. Dia juga tidak tahu persis tempat pertemuan nanti. Menurut Siagian, DPP juga akan membawa surat keputusan penunjukan Viva Yoga sebagai Plt ketua DPW PAN Sumut. Sedangkan DPP yang akan turun yakni Sekjen Zulkifli Hasan, Ketua Ibrahim Sakty Batubara, Wakil Sekjen Viva Yoga dan Nasril Bahar erta Bendahara Asman Abnur.

Menurut Siagian, sesuai informasi SK Plt Viva Yoga telah diteken di Jakarta oleh Sutrisno Bachir. Ketua DPP Ibrahim Sakty Batubara dihubungi lewat telepon seluler di Jakarta, kemarin, mengakui rencana DPP akan turun bersamanya. Tapi, dia tidak bisa memastikan SK Plt Viva Yoga Mauladi telah diteken.

“Soal itu saya tidak tahu karena sudah menyangkut teknis administrasi kesekretariatan DPP. Tapi dalam kesempatan rapat di Jakarta telah diputuskan turun ke Medan,” katanya.

Sementara itu, Kamaluddin Harahap ketika dihubungi secara terpisah di Medan mengatakan, pihaknya tetap mematuhi apa yang menjadi keputusan DPP termasuk penunjukan Plt ketua DPW PAN dijabat Viva Yoga Mauladi. Rencana kehadiran DPP ke Medan, lanjutnya, untuk menyatukan persepsi dan memberikan penjelasan menyangkut kebijakan DPP. Kemungkinan juga mensosialisasikan SK Plt.

“Bagi saya hal itu tidak masalah.”

Menurut Kamaluddin, meski SK Plt dikeluarkan, dirinya tetap berada di PAN. Jika suasana sudah kondusif SK Plt kemungkinan akan dicabut. “Kita serahkan saja kepada DPP. Saya tidak tahu sampai kapan SK itu.”

Sebelumnya, pengurus dan kader di Kantor PAN Jalan Abdullah Lubis memprotes pengingkaran salah satunya tentang hasil Rakerwil PAN menetapkan Ibrahim Sakty menjadi Wagub dari PAN kemudian dalam perjalanannya Kamaluddin Harahap juga maju jadi Cawagubsu. (m15/m11)

Waspada
Selasa, 15 Januari 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: