Anggota DPR RI Asal Pemilihan Sumut Berhasil Perjuangkan Cukai Rokok 2% Bagi Daerah

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) asal daerah pemilihan (Dapem) Sumatera Utara (Sumut) bersama anggota DPR RI asal Dapem Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) berhasil memperjuangkan pendapatan dari cukai rokok kuota sebesar 2% bagi daerah yang memiliki pabrik rokok.

“Inilah salah satu yang diperbuat DPR RI untuk rakyat,” cetus anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) asal Dapem III Sumatera Utara (Sumut) Nasril Bahar, SE saat memberikan sambutan dalam pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) PAN Kecamatan Siantar Barat di Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar Minggu (20/1) sore menjawab pertanyaan tokoh PAN Sumut Ir Kamaluddin Harahap, MSi, apa yang sudah dilakukan DPR RI kepada rakyat.

Nasril memaparkan ketika membahas perubahan Undang-undang (UU) nomor 10 tahun 1995 tentang Bea dan Cukai di DPR RI baru-baru ini, selaku anggota Panitia Khusus (Pansus), Panitia Kerja (Panja) dan Tim Perumus mempunyai pikiran yang sama dengan anggota DPR RI asal Sumut Irmadi Lubis dari Partai Demikrasi Indonesia Perjuangan serta Jateng dan Jatim yang memiliki pabrik rokok di Dapem masing-masing, bagaimana agar pendapatan negara khusus dari cukai rokok Rp 42 triliun langsung bermanfaat kepada rakyat.

“Bersama saudara Irmadi Lubis saat itu mengusulkan agar diberikan kuota pendapatan cukai rokok itu kepada daerah yang memiliki pabrik rokok dan Kota Pematangsiantar akhirnya mendapat kuota 2% dari pendapatan cukai rokok yang ada di daerahnya. Kami saat itu berpikir bersama saudara Irmadi Lubis apa yang bisa kami berikan kepada rakyat Pematangsiantar yang tidak memiliki bahan tambang atau bahan galian. Berarti tidak percuma memilih anggota DPR asal Pematangsiantar,” papar Nasril.

Pada kesempatan itu, Nasril berpesan kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Pematangsiantar Drs. H. Imal Raya Harahap yang sudah melihat sendiri kerja nyata yang sudah dilakukannya untuk rakyat agar tetap ditindaklanjuti. “Inilah bukti PAN dilahirkan untuk rakyat. Kepentingan rakyat merupakan segala-galanya dibandingkan kepentingan partai. Semoga PAN dipilih rakyat pada Permilihan Umum (Pemilu) tahun 2009, semoga PAN tetap di hati rakyat. Mari kita sama-sama melangkah dengan mempererat silaturahmi menuju kejayaan.”

Tentang adanya permintaan Ketua DPC PAN Kecamatan Siantar Martoba Hj. Farida Iriani Damanik agar Nasril Bahar membantu pengadaan ambulance, Nasril Bahar menyebutkan akan merealisasikan hal itu bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumut.

Sebelumnya Ketua DPC PAN Kecamatan Siantar Martoba menyebutkan rakyat sekarang menghendaki karya nyata dan bukan kata-kata serta selama ini sudah membuktikannya dengan melakukan berbagai kegiatan sosial dan kesehatan. “Banyak yang sudah kami lakukan seperti membantu warga yang tersiram air panas, digigit monyet, yang gila, lumpuh, stroke dan lainnya langsung ditolong dengan turun langsung ke kelurahan-kelurahan. Namun, saat ini sangat dibutuhkan ambulance guna melancarkan kegiatan kesehatan itu dan kami harapkan Saudaraku Nasril Bahar dapat membantu.”

Sedang, Kamaluddin Harahap menegaskan PAN harus berbuat kepada rakyat kecil yang mayoritas keberadaannya di daerah, menciptakan soliditas partai dan bila ada konflik internal cukup di kantong saja, namun dalam membangun Indonesia tidak cukup hanya PAN, tapi harus bekerjsama dengan dengan partai-partai yang ada, arogansi partai perlu dihilangkan, partai tidak butuh wacana, tapi butuh dukungan seluruh rakyat dan tidak ada gunanya DPR RI bila tidak pedulikan rakyat. (a14).

Waspada
Senin, 21 Januari 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: