PTPN III Agar Segera Bangun Industri Hilir CPO

Medan, 9/2 (ANTARA) – Anggota Komisi VI DPR, Nasril Bahar, meminta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III segera mengembangkan industri hilir minyak sawit mentah (CPO) yang sekaligus bisa mengurangi pengangguran di Sumut.

“Sebaiknya PTPN III tahun ini segera merealisasikan rencana mereka mengembangkan industri hilir itu untuk memberikan nilai tambah pada daerah sekaligus mengurangi pengangguran di Sumut,” katanya, di Medan, Sabtu.

Selama ini, katanya, sebagian besar CPO yang dihasilkan dari perkebunan sawit PTPN III di ekspor untuk memenuhi kebutuhan dunia dan selebihnya dipasarkan di dalam negeri yang kemudian diolah menjadi minyak goreng.

“Padahal sebagai salah satu perusahaan BUMN di bidang sub sektor perkebunan yang selalu memperoleh laba seperti pada tahun 2006 sebesar Rp423,91 miliar itu, PTPN III harus memiliki peran terhadap masalah yang dihadapi bangsa saat ini yaitu pengangguran,” tutur politisi PAN Sumut itu.

Menurut dia, pengangguran di Sumut merupakan permasalahan yang serius karena jumlahnya terus bertambah sedangkan lapangan kerja terbatas.

“Tahun 2007 lalu data BPS menyebutkan jumlah pengangguran terbuka di Sumut mencapai 10 persen dari total 12,6 juta jiwa penduduk, dan itu bisa mengakibatkan bom waktu apabila tidak segera diatasi karena biaya hidup yang semakin besar,” ujarnya.

Walau pemerintah daerah terus berusaha mengajak investor untuk berinvestasi, namun minimnya infrastruktur seperti terbatasnya pasokan energi listrik dan gas ke Sumut mengakibatkan banyak pemilik modal yang tadinya berminat menanamkan modalnya akhirnya membatalkan niatnya.

“Untuk itu kami berharap setidaknya PTPN III bisa menjadi motor penggerak lahirnya industri dan produk hilir CPO seperti kosmetik, bahan makanan dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu pada akhir 2007 pada acara pembekalan dan seleksi calon anggota PWI Sumut, Direktur SDM dan Umum PTPN III, M Rahmat Prawirakesuma, mengatakan, pihaknya tahun 2006 telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan cluster industri hilir CPO.

Namun karena berbagai permasalahan pembangunan cluster industri hilir CPO yang berada di Kabupaten Simalungun, Sumut itu mengalami penundaan hingga kini, ujarnya.

Antara
Sabtu, 9 Februari 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: