Amien Rais Hanya Mau Maju pada Pilpres 2009 dengan Tiga Syarat

Medan, (Analisa) – Prof Dr Amien Rais hanya mau maju kembali pada pemilihan presiden (pilpres) 2009 dengan tiga syarat. Hal ini dikemukannya menjawab pertanyaan wartawan di Hotel Grand Angkasa, Minggu (9/3) malam.

Menurut Amien yang saat itu didampingi Ketua DPP PAN yang juga anggota DPR RI Nasril Bahar dan Mulfachri Harahap, Ketua DPW PAN Sumut Ir Kamaluddin Harahap, Ketua DPD PAN Kota Medan Ahmad Arief SE MM, dan Wakil Sekretaris DPD PAN Kota Medan Abyadi Siregar SSos, ketiga syarat itu pertama, kalau dalam polling (jajak pendapat) ada gejala yang masuk akan menang.

Sedangkan syarat kedua adalah apabila komputer Komisi Pemiliah Umum (KPU) dibuka software (perangkat lunak)-nya dibuka sehingga bisa diketahui semua partai apa isinya. “Kita tidak menuduh tapi diduga ada penipuan dalam pilpres yang lalu,” ujarnya.

Quick Count

Di samping itu Amien minta agar quick count atau penghitungan cepat dihentikan. “Katanya penghitungan cepat yang hasilnya bisa diketahui setelah tiga atau empat jam pemilihan. Tapi nyatakanya sambil berbulan-bulan hasilnya tetap sama. Dimanapun sistem seperti ini tidak dipakai termasuk di Amerika Serikat yang sangat maju sekalipun,” tandasnya.

Syarat yang ketiga kata Amien, dia hanya akan mau maju apabila memang kans atau peluangnya sangat besar. “Tidak mau hanya sekadar maju saja,” tandasnya.

Karena itu ia kembali menekankan perlunya orang muda untuk tampil pada Pilpres 2009 sebab pemerintahan sekarang dianggap sudah gagal.

“Biarlah pemerintahan pak Bambang Susilo Bambang Yudhoyono menyelesaikan kepemimpinannya hingga tahun depan. Setelah itu baru kita pilih yang baru karena dia sudah dianggap gagal,” tandasnya.

Penjualan Aset Negara

Pada kesempatan itu Amien Rais mengimbau kepada pemerintah untuk segera menghentikan penjualan aset negara. “Saya dengar ada 44 badan usaha milik negara (BUMN) seperti BNI, Krakatau Steel dan lainnya yang mau dijual. Karena itu saya minta agar niat ini dihentikan,” tandasnya.

Apabila aset-aset pemerintah terutama yang strategis dijual kepada asing maka kata Amien, bangsa Indonesia hanya akan menjadi bangsa kuli di negaranya sendiri. Karena itu ia berharap agar niat itu segera dihentikan. (rrs)

Analisa
Senin, 10 Maret 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: