Komisi VI DPR-RI Minta KPK Periksa Walikota Siantar

Anggota Komisi VI DPR-RI Nasril Bahar SE mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memeriksa Walikota Pematangsiantar RE Siahaan. Permintaan itu terkait keterlibatannya dalam kasus pelanggaran pasal 22 UU No 5 Tahun 1999 pada tender proyek rehabilitasi bangsal RSU Pematangsiantar dengan nilai pagu proyek sebesar Rp 1,9 miliar dari dana APBD TA 2005.

Apalagi, sebut Nasril, KPPU Pusat sendiri telah merekomendasikan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan pendahuluan lanjutan mereka kepada KPK, terbukti pejabat Pemko Siantar ini melanggar pasal 22 UU No 5 Tahun 1999. RE Siahaan divonis bersalah oleh KPPU atas intervensinya kepada panitia tender dengan meminta melakukan evaluasi ulang atas penentuan pemenang tender.

“Kami minta KPK segera bertindak cepat dan bijak melakukan pemeriksaan terhadap Walikota Pematangsiantar RE Siahaan terkait kasus tender proyek rehabilitasi bangsal RSU Pematangsiantar atas rekomendasi hasil temuan KPPU kepada KPK,” tegas anggota DPR-RI dari Fraksi PAN ini.

Anggota Komisi VI DPR-RI yang membidangi investasi dan UU persaingan usaha itu menambahkan, KPK hendaknya tidak memperlama pemeriksaan terhadap pejabat pemerintah yang terbukti terlibat dalam pelanggaran tindak pidana praktik persekongkolan dan pesaingan usaha tidak sehat dan mengarah pada kerugian negara.

Sebelumnya, ketua KPPU Pusat M Iqbal heran dan bertanya-tanya mengapa KPK hingga kini belum menindaklanjuti laporan KPPU. Padahal, pihaknya telah lama menyerahkan bukti-bukti hasil pemeriksaan yang dilakukan KPPU. |dedi ardiansyah | Global | Medan |

Harian Global
Senin, 16 April 2007




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: