Aparat Keamanan Diminta Antisipasi Spekulan BBM

Detikcom – Medan, Kalangan DPR RI mengingatkan aparat keamanan maupun pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya spekulan-spekulan yang melakukan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini dapat terjadi karena belakangan mencuat wacana kenaikan harga BBM.

Anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar menyatakan, kendati belum ada keputusan resmi mengenai kemungkinan naiknya harga BBM di dalam negeri akibat kenaikan harga minyak mentah dunia yang sudah lebih dari USD 110 per barel, namun potensi masalah sudah mulai terlihat. Masyarakat di berbagai daerah sudah mulai khawatir.

“Selalu ada pertanyaan dari kalangan masyarakat dan kita dapat memaklumi itu. Selain itu, setiap kali muncuk isu kenaikan harga BBM, biasanya spekulan BBM sudah mulai melakukan penimbunan dalam skala lebih besar, dan ini tentu masalah besar,” kata Nasril Bahar kepada wartawan di Medan, Minggu (27/4/2008).

Menurut Nasril yang berasal dari Fraksi Partai Amanat Nasional, rakyat akan sangat dirugikan dalam masalah ini. Belum lagi harga BBM resmi dinyatakan naik, masyarakat sudah kesulitan mendapatkan BBM karena ditimbun para spekulan yang ingin meraup keuntungan besar.

“Makanya aparat keamanan maupun pemerintah harus mengantisipasi masalah ini. Jangan nanti setelah BBM hilang baru kelimpungan,” kata Nasril Bahar.

Ditanya tentang peluang terjadinya kenaikan harga BBM, Nasril menyatakan, sejauh ini baru tahap wacana. Jika usulannya sudah masuk ke DPR baru bisa ditelaah. Kajian-kajian perlu dilakukan. Anggaran subsidi yang demikian tinggi maupun kemampuan masyarakat yang rendah, harus menjadi pertimbangan.

“Tentu ada solusi-solusi untuk itu. Tetapi apapun itu, yang paling utama jangan sampai membebani rakyat kecil,” tukas Nasril. (rul/ndr)

detikcom
Minggu, 27 April 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: