Kenaikan Minyak Dunia Harus Diimbangi Pengawasan BBM

Medan, 28/4 (ANTARA) – Anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar mengingatkan kenaikan harga minyak dunia yang mendekati level 120 dollar AS per barel harus diimbangi dengan pengawasan ketat terhadap distribusi dan peruntukan bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri.

“Terkait dengan semakin melonjaknya harga minyak dunia, maka yang dapat kita lakukan di dalam negeri adalah mengawasi distribusi dan penggunaan BBM bersubsidi,” katanya di Bandara Polonia Medan, Senin.

Menurut dia, dewasa ini antrian dan kesulitan masyarakat di sejumlah daerah untuk mendapatkan BBM bersubsidi seperti jenis minyak tanah patut dicurigai sebagai bentuk kembali bermunculan para spekulan penimbun BBM.

Kondisi itu realistis dengan melihat tern harga minyak dunia yang terus meroket dan wacana pemerintah yang akan menaikkan harga minyak dalam negeri karena membengkaknya subsidi BBM dalam APBN.

Politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional ini menekankan, distribusi dan peruntukan BBM bersubsidi harus menjadi salah satu perhatian khusus baik oleh aparat keamanan maupun pemerintah di daerah agar masyarakat tidak bertambah susah.

“Kita berharap agar TNI dan Polri serta pemerintah setempat benar-benar proaktif mengawasi pendistribusian BBM bersubsidi ini. Jangan sampai masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akibat naiknya harga sembako bertambah susah karena sulit memperoleh minyak tanah,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah tahun ini akan memberlakukan sistem tertutup dalam pendistribusian minyak tanah bersubsidi untuk mencegah penggunaan minyak tanah yang selama ini salah sasaran.

“Melalui sistem tertutup, maka hanya masyarakat yang berhak saja, mendapatkan minyak tanah,” ujar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro di Jakarta.

Sistem tertutup tersebut akan dilakukan di kabupaten/kota yang telah dilakukan sensus pengguna minyak tanah oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dengan konsumsi minyak tanah sebanyak 3,75 liter per jiwa per bulan.

Dirut Pertamina Ari Soemarno mengatakan sistem tertutup akan mencegah penyalahgunaan minyak tanah yang diperkirakan mencapai 30 persen dari kuota APBN.

Antara
Selasa, 28 April 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: