Pemkab/Pemko di Sumut Harus Segera Benahi Iklim Investasi Daerah

Formatnews-Siantar, Anggota Komisi VI DPR RI Nasril Bahar mengharap pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Utara (Sumut) membenahi iklim investasi di daerahnya masing-masing. Paling tidak, bisa segera menerapkan Unit Pelayanan Daerah Satu Pintu (UPDSP) sehingga semakin mendorong pertumbuhan usaha dan investasi.

Harapan tersebut disampaikan Nasril Bahar ketika pembicara pada Sosialisasi UU No 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal di Siantar Hotel, Pematangsiantar, Senin (28/4) kemarin.

Penerapan UPDSP ini, menurut Nasril Bahar, sudah sangat mendesak. Karena salah satu penghambat iklim usaha dan investasi di Indonesia selama ini, termasuk di Sumut adalah birokrasi yang berbelit-belit dan membutuhkan biaya mahal.

“Proses perizinan saja misalnya, demikian rumit. Selain itu, para pelaku usaha harus pula mengeluarkan anggaran biaya yang sangat tinggi. Ironisnya, meski dibayar mahal, tapi prosesnya menelan waktu yang sangat lama,” tegas anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu.

Sebetulnya, ini merupakan masalah klasik sejak orde baru. Tapi sayangnya, sampai saat ini dunia usaha Indonesia termasuk di Sumut belum juga bebas dari persoalan seperti ini. “Karena itu, saya mengharap agar para kepala-kepala daerah segera merubah pola pembangunan di daerahnya masing-masing dengan segera menerapkan UPDSP,” harap Nasril

Secara khusus, Nasril menyampaikan apresiasi yang sangat positif terhadap Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) karena telah menjadi Pemkab pertama di Sumut yang mempelopori penerapan pelayanan satu pintu. “Saya berharap agar Pemkan/Pemko lain di Sumut segera menerapkan sistem pelayanan satu atap tersebut,” katanya.

Nasril kemudian memberi gambaran di Pemkab Sragen, Jawa Tengah (Jateng). “Pertumbuhan ekonomi daerah ini sekarang melaju dengan pesat hingga 300% setelah menerapkan sistem pelayanan satu atap. Inilah yang mestinya harus kita tiru untuk mendorong iklim usaha dan investasi di Sumut,” tegas Nasril Bahar.

Setelah menerapkan sistem pelayanan satu atap, aspek lain yang harus dilakukan untuk membenahi iklim investasi dan usaha di Sumut, kata Nasril, adalah memberi kepastian hukum kepada para investor. Selama ini, katanya, hal ini juga menjadi salah satu faktor yang memperburuk iklim investasi dan usaha.

Karenanya, ia meminta agar ke depan, Pemkab/Pemko di Sumut bisa memberi kepastian hukum kepada pelaku usaha yang berminat menanamkan modalnya di daerah ini. “Dengan begitu, maka para investor akan merasa aman dan nyaman menanamkan modalnya di daerah ini. Tidak ada lagi kekhawatiran modal yang ditanam di daerah ini akan amblas begitu saja hanya gara-gara hukum tidak memiliki kepastian,” katanya.

Tidak Beranjak

Nasril Bahar yang juga pengurus DPP PAN ini mengatakan, bila Indonesia termasuk Sumut tidak segera memperbaiki iklim investasinya, maka posisi Indonesia akan tetap tidak bernilai di mata investor dunia. Selama ini saja, sesuai hasil survei World Investment Report tahun 2007, Indonesia hanya berada pada posisi 135 sebagai negara yang menjadi tujuan investor dunia dari 175 negara yang disurvei.

Posisi ini agak sedikit naik pada survei yang dilakukan tahun 2008. dari 178 negara yang disurvei, Indonesia berada pada posisi ke 123. Ini harus segera kita perbaiki. Caranya dengan meningkatkan daya saing kita lewat perbaikan-perbaikan iklim investasi dan usaha,” katanya.

Selain Nasril Bahar, pembicara lain dalam Sosialisasi UU No 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal itu adalah Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM Pusat Drs Sutarto dan Ketua Bidang Penanaman Modal Kadin Sumut Arnold Damanik.

Sosialisasi yang dibuka Wakil Walikota Pematangsiantar Imal Raya Harahap ini, kata Ketua Panitia Aripay Tambunan MM, diharapkan masih akan berlanjut di kotta-kota lain di Sumut. “Kita berharap, sosiaslisasi ini akan semakin mendorong daerah untuk memperbaiki iklim investasi di daerahnya masing-masing sehingga Indonesia, khususnya Sumut memiliki daya saing kuat di mata investor dalam negeri maupun asing,” harapnya.

Formatnews
Senin, 28 April 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: