Amien: Mentalitas Inlander

MEDAN (Waspada): Telah terjadi perulangan sejarah penjajahan di Indonesia yang disebabkan mentalitas inlander (pribumi) yang ditanamkan Belanda masih bercokol dan mengakar dalam mental pemerintah Indonesia.

Demikian disampaikan Amien Rais dalam acara bedah buku karangannya berjudul Agenda Mendesak Bangsa, Selamatkan Indonesia di Hotel Emeral Garden Medan, Sabtu (7/6), yang digagas ‘nBasis.

Sebagai panelis dalam acara itu, Rektor Unimed Syawal Gultom, Guru Besar IAIN Sumut, Prof Dr Nur Ahmad Fadhil Lubis, Ekonom USU, Jhon Tafbu Ritonga, dan Antropolog Unimed, Ichwan Azhari dengan moderator Ketua Yayasan Jaringan Studi Asia Tenggara, Muchtar Effendi Harahap.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua nBAsis, Shohibul Anshor Siregar, Wasekjend DPP PAN, Nasril Bahar yang juga Koorwil Save Our Nation Sumut, dan Ketua PAN Medan, Ahmad Arief, SE, MM, Ketua Panitia Drs. Putrama Alkhairi, MAP serta sejumlah fungsionaris PAN Sumut.

Amien Rais mengatakan, sejarah imperialisme tempo dulu itu sudah hampir kembali dalam bentuk dan format berbeda namun lebih destruktif lagi, yaitu korporatokrasi (kekuasaan yang dipegang oleh orang-orang kaya, dan bertindak hanya untuk menambah kekayaannya).

Amien menyamakan pemerintah saat ini adalah reinkarnasi Amangkurat I dan II di Mataram yang sangat patuh terhadap Belanda. Sehingga hampir seluruh pulau Jawa ketika itu jatuh ke tangan Belanda. Sedangkan saat ini, kekuatan korporasi asing telah mendikte bukan saja perekonomian nasional tetapi juga kebijakan politik dan pertahanan.

Menurutnya, pemerintah Indonesia saat ini begitu tunduk dan tidak berani melawan sama sekali. Bahkan pemerintah sampai harus membuat undang-undang yang menguntung korporasi asing, meskipun itu sangat merugikan negara. (h11)

Waspada
Minggu, 8 Juni 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: