Orang Minang Jangan Jadi Provokator

WASPADA ONLINE – PEMATANG SIANTAR (Waspada): Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM-3) Sumatera Utara (Sumut) mengingatkan agar jangan mengajak orang Minang menjadi provokator, karena orang Minang tidak ada yang menjadi provokator.

“Jika ada orang Minang yang menjadi provokator, itu orang yang salah,” tegas Ketua Umum BM-3 Sumut Prof Dr Hj Djanius Djamin, SH.MS dalam bimbingan dan pengarahannya seusai melantik pengurus BM-3 Kota Pematang Siantar-Kabupaten Simalungun periode 2008-2013 di Pujasera, Siantar Hotel, Pematang Siantar Sabtu (2/8) sore.

Pelantikan itu diwarnai penyerahan tali asih kepada masing-masing 50 orang anak yatim dan orangtua lanjut usia (Lansia) yang diserahkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Nasril Bahar.

Kepada pengurus yang baru dilantik diminta agar menyatukan orang Minang yang ada di Pematang-siantar dan Simalungun serta bila ada yang mau menjauh agar dibujuk dan bila tidak mau juga agar lapang dada saja, satu musyawarah dan siap tidak mencari-cari kesalahan dan mau menerima saran dan pendapat. “Pasti akan diterima dimana saja,” ujar Ketua BM-3 Sumut seraya meminta pengurus baru segera menyusun program kerja yang tidak perlu berpanjang-panjang dan muluk-muluk dan terpenting segera mendirikan rumah gadang.

Mengenai keterwakilan perempuan, baik di organisasi mana pun seperti pemerintahan, partai politik, organisasi kemasyarakatan dan lainnya, Ketua Umum BM-3 Sumut sependapat agar porsinya minimal satu banding tiga dengan porsi laki-laki.

“Kami mengharapkan orang Minang memberi sesuatu yang baru dan memberi kehidupan demokrasi di Pematangsiantar. Kepada Ketua Umum BM-3 Pematang Siantar-Simalungun agar memberdayakan para pengurus, karena dengan pelantikan itu berarti ada tanggung jawab mau diapakan, untuk apa dan mau dikemanakan BM-3 di daerah ini,” harap Wakil Walikota dalam sambutannya.

Nasril Bahar selaku tokoh masyarakat Minang dalam sambutannya mengharapkan kehadiran BM-3 di Pematang Siantar-Simalungun ke depan bisa bersinergi dan bekerja-sama dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat dan antar suku yang ada di kedua daerah dalam mengatasi masalah sosial dan ekonomi.

“Kami mengharapkan kehadiran masyarakat Minang dapat diterima semua pihak, karena masyarakat Minang akan menjual nasi, bila masyarakat mau makan, menjual martabak bila masyarakat mau makan martabak dan berbagai kebutuhan masyarakat lainnya. Hidup harus bersosial dan bantu membantu antar masyarakat serta tidak ada gunanya pemerintah bila tidak ada partisipasi masyarakat,” harap Nasril Bahar.

Turut memberikan sambutan Ketua Umum BM-3 Pematang Siantar-Simalungun H. Syahrudin Ali, SH, MSi , mewakili para orangtua Sofyan Rizal dan mewakili Forum Komunikasi Lintas Adat (Forkala) H. Burhanuddin Nasution.

Ketua Panitia Pelantikan H Rahmat RPL Tobing, SH dalam laporannya menyebutkan pembentukan BM-3 di Pematangsiantar-Simalungun itu guna mempersatuan masyarakat Minang yang terserak di kedua daerah itu.

Sekretaris Umum BM-3 Sumut H. Syafril Effendy, SE menyebutkan sesuai surat keputusan (SK) BM-3 Sumut nomor 071/BM-3/VIII/2008 tanggal 1 Agustus 2008, susunan komposisi pengurus BM-3 Pematang Siantar-Simalungun periode 2008-2013 terdiri Pelindung Bupati dan Walikota setempat, Pembimbing terdiri Pimpinan Musyawarah Daerah (Muspida) plus kedua daerah, Dewan Penasehat terdiri Ketua Sabar ST Mangkuto dan anggota 19 orang, Dewan Pengurus terdiri Ketua Umum H Syahrudin Ali, SH, MSi, Ketua Harian Evy Tanjung dan 14 Wakil Ketua, Sekretaris Umum Yusmar Nj, SAg dan 14 Wakil Sekretaris, Bendahara Umum H. Bahri Chaniago dan enam Wakil Bendahara. (a14)

Waspada
Senin, 4 Agustus 2008




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: