Di Langkat, Ibu-Ibu Masih Enggan Imunisasi Anaknya

Langkat, Sumut, 18/10 (ANTARA)- Persentase keterlibatan masyarakat, khususnya kalangan ibu di Kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara, untuk membawa putra-putrinya melakukan imunisasi dinilai masih cukup rendah.
Meski pada dasarnya para ibu harus membawa anaknya mulai dari sejak lahir hingga 12 tahun untuk diimunisasi, namun faktor kesulitan ekonomi membuat program imunisasi masih dianggap kurang penting,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin, di Langkat, Sabtu.

Berdasarkan data BPS, Kabupaten Langkat memiliki jumlah penduduk 1.143.560 jiwa. Kabupaten ini termasuk salah satu kabupaten miskin di provinsi Sumatera Utara.

Kondisi ini pula yang diyakini menjadi salah satu faktor tingginya tingkat penderita penyakit yang berkaitan dengan rendahnya tingkat imunisasi.

Bulan Agustus 2008, ditemukan 47 anak di dua desa di Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat yang menderita campak, yang menyababkan daerah ini sempat mendapat status Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak,” katanya.

Padahal, kata dia, dalam rangka menekan berbagai jenis penyakit, pemerintah tetap memberlakukan imunisasi secara gratis.

Program Manager Sources Of Indonesia (SOI), OK Zulkarnaen mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi hambatan pelaksanaan program imunisasi, antara lain kurangnya sosialisasi, kurangnya kesiapan intansi terkait, serta rendahnya partisipasi masyarakat.

Hambatan di atas mempengaruhi kesehatan 23.835 bayi berusia di bawah satu tahun yang ada di seluruh Kabupaten Langkat, lanjutnya. (antarasumut)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: