DPP PAN Garansi Terapkan Sistem Suara Terbanyak

Medan, 30/10 (ANTARA) – DPP PAN menggaransi sistem suara terbanyak benar-benar diterapkan secara konsisten pada Pemilu 2009, ujar Ketua DPP PAN H.Ibrahim Sakty Batubara.

“Dengan sistem ini calon anggota legislatif (caleg) peraih suara terbanyak dipastikan jadi caleg terpilih. Kita tidak main-main dengan kebijakan karena juga sudah menjadi keputusan rapat terakhir DPP PAN pada 22 Oktober lalu,” katanya di Medan, Kamis.

Sebagai bukti keseriusan menerapkan sistem suara terbanyak tersebut, jelas Ibrahim, DPP PAN sudah menyurati seluruh DPW dan DPD PAN se Indonesia yang isinya meminta agar dokumen pernyataan suara terbanyak yang sudah ditandatangani seluruh caleg PAN segera dikirim ke DPP PAN di Jakarta paling lambat akhir November 2008.

Dalam rapat terakhir DPP PAN yang dipimpin Sekjen Zulkifli Hasan diputuskan seluruh dokumen kesepakatan suara terbanyak yang ditandatangani seluruh Caleg akan disimpan di “safety box” Bank Indonesia (BI).

“Dengan begitu tidak akan ada yang bisa mengutak-atik dokumen tersebut.Inilah salah satu komitmen PAN dalam menerapkan sistem suara terbanyak, dan karenanya para caleg tidak perlu lagi ragu dengan kebijakan ini,” tegasnya.

Lebih jauh ia menambahkan bukti keseriusan PAN dalam menerapkan sistem suara terbanyak juga dapat dilihat dari dokumen sistem suara terbanyak yang ditandatangani seluruh caleg di hadapan notaris.

“Jadi perjanjian sistem suara terbanyak bukan sekadar kesepakatan antar sesama caleg, tapi justru dibuat di hadapan noraris supaya memiliki kekuatan hukum,” ujarnya.

Dalam rapat di DPP PAN juga diputuskan akan ada sanksi tegas bagi caleg yang tidak menandatangani surat pernyataan suara terbanyak. “Jika ada yang tidak menandatangani surat pernyataan itu akan diambil tindakan tegas. Bila perlu akan dikeluarkan dari caleg,” tegasnya.

Ia juga menekankan tidak adanya perbedaan antara caleg yang satu dengan caleg yang lain dalam penerapan sistem suara terbanyak tersebut. Semua caleg PAN, termasuk para ketua partai baik di provinsi maupun di kabupaten/kota, harus mematuhinya.

“Saya sendiri sebagai caleg DPR RI PAN nomor urut 1 dari Dapem Sumut 1 (Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi) juga sudah menandatanganinya,” ujar Ibrahim Sakty Batubara. (antarasumut)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: