Dugaan Adam Malik Agen CIA, Jangan Sampai Pikiran Generasi Muda Teracuni

Pernyataan dalam buku karangan Tim Weiner yang menuding mantan Wakil Presiden Adam Malik sebagai mata-mata CIA harus mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Klarifikasi perlu dilakukan secepatnya agar generasi muda tidak sampai teracuni pikirannya, dan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) tidak gundah.

Anggota DPR RI asal Sumatera Utara Nasril Bahar menyatakan, merupakan sesuatu yang mustahil jika Adam Malik bersedia menjadi mata-mata untuk Amerika Serikat. Perjuangan yang dilakukannya untuk negara sungguh luar biasa, tidak mungkin dia menggadaikan negara untuk kepentingan diri sendiri.

“Hal-hal seperti ini, isu-isu buruk tentang pelaku sejarah, jika tidak diklarifikasi dengan cepat, akan berbahaya bagi generasi muda. Penghargaan mereka kepada pelaku sejarah, para pahlawan akan luntur. Ini justru lebih berbahaya. Makanya harus cepat dituntaskan,” ujar Nasril Bahar di Medan, Senin (24/11/2008).

Menurut Nasril, di Sumut, Adam Malik merupakan tokoh panutan. Nama putra asal Kota Pematang Siantar ini sangat harum dan diabadikan dalam berbagai hal yang monumental. Mulai dari nama jalan, nama rumah sakit, hingga rencana beberapa kelompok masyarakat yang akan menabalkan nama Adam Malik sebagai nama untuk Bandara Kuala Namu, yang akan menggantikan Bandara Polonia Medan.

Penyebutan nama Adam Malik sebagai salah satu mata-mata CIA, kata Nasril, merupakan sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius. Jangan sampai nantinya tokoh-tokoh dan pelaku sejarah lainnya justru dijadikan olok-olokan. Ketegasan pemerintah dalam mengatasi masalah ini, akan berimplikasi baik agar tidak pada upaya-upaya sejenis yang dilakukan pihak lainnya di kemudian hari.

“Memang Adam Malik merupakan milik bangsa, bukan milik masyarakat Sumatera Utara saja, tetapi penyebaran isu buruk atas nama Adam Malik seperti yang dilansir buku tersebut sangat mengecewakan masyarakat Sumatera Utara,” ujar Nasril.




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: