Laporan dari Merbau: Lebih Jauh dengan Sang Koordinator Nasril Bahar Centre

Medan – Kiprah Nasril Bahar dalam perpolitikan nasional sebagai anggota DPR RI, tidak bisa dilepaskan dari sosok berikut ini. Dia tak punya nama jabatan resmi, sebab itu panggilan jabatan apa saja yang diberikan kepadanya tidak masalah.
“Dipanggil campaign manager atau manajer kampanye?”
“Wah, bisa..”
“Koordinator Nasril Bahar Centre?”
“Tidak salah juga..”
Sosok tersebut adalah Aulia Hardi, pria kelahiran Medan, 12 Mei 1975 ini mulanya seorang jurnalis. Dia tercatat pernah bekerja sejumlah media massa di Medan. Dia juga termasuk pionir dalam program berita radio di Sumatera Utara, penggagas lahirnya program KISS Hot Information, siaran berita yang ditayangkan Radio KISS FM, Medan.

Karirnya sebagai jurnalis membuat dia memahami politik lebih dalam dan kemudian bergabung dalam kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) di Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara pada tahun 2000. Di sini keakrabannya dengan Nasril Bahar semakin kuat.

Aulia Hardi menolak jika dikatakan sebagai tokoh penting keberhasilan Nasril Bahar melaju ke Senayan priode 2004 – 2009, “Itu karena kharisma Nasril Bahar yang membuat masyarakat bersimpati, dan memilih dia sebagai wakil untuk di Senayan,” kata Aulia merendah.

Tapi memang kerja kerasnya tak bisa dinafikan dalam terpilihnya Nasril. Dia yang mengkoordinir kampanye, mendesain pertemuan dengan calon pemilih, mendistribusikan alat peraga Pemilu, hingga membangun jaringan, terutama di Daerah Pemilihan Sumut III, yakn Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan dan Kota Tanjung Balai. Hasilnya tidak sia-sia, Nasril lolos ke Senayan.

Terpilihnya Nasril, membuat AULIA juga terpaksa hijrah ke Jakarta. Memboyong serta sang istri Leni Indriasari dan putri pertamanya Naumi Hardi, yang kini berusia 7 tahun. Jakarta kemudian membawa berkah lain, di sana dia dikarunia lagi seorang putra Musashi Hardi, yang kini berusia 3 tahun.

Ketika Sutrisno Bachir terpilih sebagai Ketua Umum PAN namanya Aulia dicantumkan dalam komposisi kepengurusan, sebagai Wakil Kepala Departemen Kajian Kebijakan Publik DPP PAN. Sementara di Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda PAN dia dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal.

Penyedia Akses

Dalam kesehariannya Aulia Hardi dipercaya untuk mengemban amanat membantu Nasril Bahar dalam tugasnya sebagai anggota dewan. Aulia memberikan masukan mengenai berbagai materi yang sedang dibahas di gedung dewan, kemudian mengelaborasikan hubungan dengan anggota dewan lainnya, melanggengkan akses ke berbagai lembaga pemerintahan dan kelompok, serta menyediakan akses yang terbilang luas untuk konstituen.

Di ruang kerja Nasril Bahar yang berada Gedung Nusantara I, Lantai 19 Gedung DPR/MPR RI, Aulia membawahi sejumlah staf serta memantau kinerja sejumlah relawan dan staf yang berada di Sumatera Utara. Seluruh fungsi bantuan ini harus bekerja dengan optimal untuk menunjang kinerja Nasril Bahar yang memang segudang.

Semua fasilitas yang ada dimanfaatkan untuk membuka komunikasi dua arah antara Nasril Bahar dengan konstiuennya.

“Ada hotline telepon, fax, SMS, email, blog, website hingga facebook. Ini semua untuk menjawab kebutuhan rakyat, konstituen Partai Amanat Nasional, maupun konstituen yang memilih Nasril Bahar dalam Pemilu lalu,” kata Aulia.

Menjelang Pemilu yang akan digelar 9 April 2009 mendatang, kesibukan kembali melanda Aulia. Pencalonan Nasril untuk yang kedua kali harus mendapat perhatian ekstra. Dari Nasril Bahar Centre (NBC) di Jalan Merbau, Medan, pengorganisasian kerja dilakukan.

Dari sisi jaringan, pekerjaan yang dilakoni Aulia dalam Pemilu ini jelas lebih mudah, karena jaringan lama yang sudah terbentuk terus dibina silaturrahminya, sementara jaringan yang baru terus tumbuh.

“Senangnya, Nasril Bahar tetap menjalin silaturrahmi dengan semua jaringan dan konstituen. Itu kelebihan dia. Tetapi secara keseluruhan perubahan pola Pemilu dengan sistem suara terbanyak, justru memberikan tantangan tersendiri,” kata Aulia. (rara)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: