Nasril Bahar Prihatin Demo Anarkis di DPRD Sumut

Medan – Anggota DPR RI asal Sumatera Utara (Sumut) Nasril Bahar, menyatakan rasa prihatinnya atas tragedi yang terjadi saat demonstrasi para pendukung Provinsi Tapanuli (Protap) di DPRD Sumut. Demo yang akhirnya berujung pada meninggalnya Ketua DPRD Sumut Abdul Aziz Angkat, dinilai tidak perlu terjadi sekiranya cara yang ditempuh sesuai dengan mekanisme.
“Saya prihatin dan tentu saja sangat berduka atas kasus ini. Kakanda Abdul Aziz Angkat saya kenal sebagai sosok yang sabar dan sederhana,” ujar Nasril Bahar di Jakarta, Selasa (3/2/2009).

Menurut Nasril, terlepas dari pro-kontra pembentukan Proap itu sendiri, semestinya cara-cara yang dipergunakan dalam upaya pendukung pembentukan provinsi baru dari pemekaran Sumut itu, hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang elegan.

“Ada banyak cara demokratis dan baik yang bisa ditempuh. Tetapi tindakan anarkis bukanlah salah satu solusi. Tindakan anarkis hanya akan menimbulkan masalah. Cara yang tidak damai, hanya akan menimbulkan penentangan,” ujar Nasril.

Nasril menyatakan, dia melihat demonstrasi yang berakhir menjadi tragedi itu akan menjadi titik balik yang akan merugikan para pendukung Protap itu sendiri. Jika sudah demikian, kaitan kasusnya bisa kemana-mana. Harus diupayakan agar masalah tersebut tidak melebar kemana-mana, apalagi terkait Suku Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

“Jangan sampai ini terjadi. Sumut sudah demikian terjaga baik situasi kondusifnya. Hal ini seperti ini harus terus dijaga kelangsungannya,” ujar Nasril.

Disebutkan Nasril, dia memantau terus perkembangan kasus tersebt melalui media massa dan mendukung langkah-langkah progesif dalam upaya penuntasan masalah hukum kasus demonstrasi anarkis tersebut. (rara)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: