Rapi Ginting, Relawan Ambulance Gratis PAN Sumbangan Nasril Bahar

Kabanjahe – Dua tahun belakangan ini, handphone M Rapi Ginting (34) sering berdering tak peduli waktu. Kadang tengah malam, sering pula menjelang shubuh. Umumnya penelepon mengajukan pertanyaan yang sama, apa bisa mempergunakan ambulance gratis yang dikelolanya untuk mengantar kerabat ke sebuah daerah.
Inilah bagian dari keseharian Ginting. Banyak membutuhkannya karena dia mengelola tiga unit ambulance gratis Partai Amanat Nasional (PAN). Dia harus siap mengantar dan menjeput pasien maupun korban yang meninggal dunia, kemana saja. Mulai dari kawasan Kabupaten Karo, hingga Pak-pak Bharat, Tapanuli Utara dan pernah pula hingga ke Riau.

“Namanya ambulance ini memang didedikasikan untuk membantu masyarakat, maka kita harus siap kapan saja. Ini komitmen,” kata Rapi Ginting, akhir pekan lalu.

Ketiga ambulance yang dipoolkan di kediamannya, Jl. Samura, Kabanjahe tersebut, awalnya hanya satu unit, jenis Suzuki Carry. Ambulance tersebut bantuan dari Nasril Bahar, anggota DPR RI dari Fraksi Amanat Nasional yang berasal dari Daerah Pemilihan Sumut III yang mencakup Kabupaten Karo.

Rapi Ginting yang sekarang ini menjabat Sekretaris DPD PAN Karo dan juga Caleg DPRD Karo dari PAN untuk Daerah Pemilihan Karo, kemudian bertindak sebagai relawan dan menyupiri sendiri ambulance tersebut. Sebagai relawan sebuah fasilitas yang gratis, terkadang dia harus menyediakan sendiri uang untuk kebutuhannya selama mengantar jenazah atau pasien yang sakit.

“Keluarga pasien atau korban hanya kita minta menanggung minyak saja, lainnya tidak. Karena untuk kebutuhan makan supir, merupakan bagian dari layanan kita. Namun kalau memang keluarga pasien merupakan orang yang tidak berpunya sama sekali, minyak juga kita yang menanggung,” ujar Rapi Ginting dikarunia dua orang anak dari pernikahannya dengan Sederhana Br Perangin-angin.

Dalam sehari, ambulance ini bisa mengantar antara tiga hingga empat jenazah maupun orang sakit. Bahkan pernah 10 kali dalam sehari. Banyaknya trip ini karena banyak pihak yang menghubungi, termasuk polisi. Jika ada kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban luka parah atau meninggal dunia, polisi biasanya langsung menghubungi Rapi Ginting agar dapat membantu membawa korban ke rumah sakit. Namun jika sedang tidak mengantar kemana-mana, mobil ambulance tersebut diparkirkan di RSU Kabanjahe, di dekat Ruang V Askeskin.

Satu tahun lebih setelah ambulance gratis pertama itu, ambulance itu berkembang menjadi tiga unit. Dua unit tambahan itu masing-masing jenis Daihatsu Zebra dan Mitsubishi L-300. Penambahan ambulance itu merupakan hasil swadaya para relawan maupun donasi beberapa warga yang merasa terbantu dengan kehadiran ambulance pertama.

Seiring dengan bertambahnya ambulance, ada relawan lainnya yang bersedia membantu Rapi Ginting, yakni Rambah Sembiring, Esron Pinem, Ali Ginting dan Icon Kembaren. Mereka yang secara rutin bergantian menyupiri ambulance ini.

Untuk perbaikan kendaraan, biasanya terpenuhi dari donasi beberapa warga yang ingin membantu keberlangsungan ambulance gratis tersebut, serta dukungan dari Nasril Bahar. Perhatian yang besar ini justru membuat Rapi dan kawan-kawan lebih gigih dalam berbuat.

”Kita sudah sampaikan kepada masyarakat, Ambulance Gratis PAN bisa dihubungi selama 24 jam. Nomor kontak untuk dihubungi kami letakkan di rumah sakit maupun beberapa tempat lain,” kata Rapi Gniting sambil menyebutkan nomor hotlinenya, 081329931111.

Rutinitas membawa ambulance ini, justu membuat Rapi punya beberapa pengalaman unik. Pernah sekali sirene meraung-raung dengan sendirinya padahal tidak dinyalakan. Pernah dia juga membawa mayat dari Karo yang sudah membusuk selama empat hari menuju RSU Pirngadi, Medan.

Semua ini dilayani Rapi dengan senang hati. Dia punya alasan tersendiri mengapa bersedia menjadi relawan, padahal sebagai petani, mengurus ladangnya saja sudah cukup menyita waktu.

”Senang rasanya jika bisa membantu masyarakat secara langsung. Masyarakat pun bisa langsung merasakan sendiri kiprah partai, dan mengetahui bagaimana kader-kader PAN sudah bekerja untuk masyarakat. Bukan sekedar slogan. Kita pun bisa lebih membaur dengan berbagai kalangan masyarakat,” ujar Rapi Ginting. (rar)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: