Koperasi Sarana Paling Tepat untuk Mandiri

Langkat, Sumut – Anggota DPR RI Nasril Bahar menyatakan koperasi merupakan wadah yang sangat penting untuk memulai upaya mandiri. Sebab itu manajemen koperasi hendaknya mampu mengembangkan setiap usahanya guna memajukan seluruh anggotanya.
Pernyataan ini sampaikan Nasril Bahar dalam reses DPR RI sekaligus silaturrahmi dengan pengurus Persatuan Abang Beca Muslim (PABM) Kabupaten Langkat di Hinai, Langkat, Kamis (19/3/2009). Dalam kesempatan itu turut hadir Caleg PAN untuk DPRD Langkat Subaktiar dan Caleg PAN untuk DPRD Sumut HM Syukri Munir.

Dalam acara yang turut dihadiri sejumlah kader PAN tersebut, Nasril menyatakan dukungannya atas pembentukan koperasi yang diinisiasi sekitar 120 abang beca di Hinai yang tergabung dalam PABM.

Menurutnya ini sebuah langkah maju yang dapat menjadi tahapan ke arah yang lebih baik.

“Insya Allah, jika diseriusi dengan baik, sebuah koperasi akan dapat dijadikan peluang ke arah kemandirian, berdikari, dan tentu saja ini sebuah langkah yang sangat kita dukung untuk kesejahteraan para anggotanya,” ujar Nasril Bahar.

Dalam kesempatan itu, Nasril juga mengingatkan keseriusan merupakan sesuatu yang tidak bisa tidak. Dengan demikian sebuah koperasi yang awalnya kecil, bisa berkembang ke arah yang lebih. Selain itu, nilai-nilai kebersamaan harus pula dijunjung tinggi.

“Pengembangan usaha bisa dilakukan melalui perbengkelan maupun unit-unit usaha yang berbentuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” ujar Nasril.

Nasril Bahar yang saat ini duduk di Komisi VI DPR RI, salah satunya membidang UKM, lebih lanjut menyatakan, banyak peluang permodalan yang bisa diperoleh dari UKM, apakah dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat, maupun dana yang bisa diperoleh dari lembaga-lembaga pemerintah lainnya, serta dana commnity development (comdev) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memang sudah ada alokasinya.

Nasril Bahar yang berasal dari Fraksi PAN saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN. Pada Pemilu lalu di terpilih dari dari Daerah Pemilihan Sumut III, dan pada Pemilu 2009 ini, Nasril Bahar kembali dicalonkan dari Sumut III yang melingkupi daerah Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan dan Kota Tanjung Balai.(*)




    Leave a Reply

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s



%d bloggers like this: